JAKARTA – Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) berencana mengirimkan timnya untuk memberikan bantuan kepada para korban gempa bumi yang terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Wakil Ketua Bidang PBN (Penanggulangan Bencana Nasional) PKPI, Bambang Sunarto mengatakan, PBN – PKPI sudah mempersiapkan tim untuk dikirimkan ke lokasi bencana guna memberikan bantuan makanan, obat-obatan dan keperluan lainnya.

“Sudah ada persiapan untuk mengirimkan bantuan ke warga korban gempa di Lombok, tim ini sebelumnya juga sudah memberikan bantuan korban erupsi Gunung Agung di Bali,” ujar Bambang kepada indonesiaparlemen.com di Jakarta, Minggu (29/7/18) malam.

Di tempat yang sama, Ketua Departemen Relawan PBN -PKPI, Jody Ante mengingatkan akan pentingnya kepedulian terhadap sesama. Untuk tugas kemanusiaan ini, dirinya siap untuk diterjunkan ke tempat bencana manapun untuk berpartisipasi memberikan bantuan dan pertolongan kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Untuk tugas kemanusiaan, saya tidak hitung-hitungan. Karena, memberikan pertolongan kepada yang membutuhkan adalah kewajiban kita,” tegas Jody.

Gempa berkekuatan 6,4 Skala Richter (SR) menguncang NTB pada Minggu pagi 29 Juli 2018. Gempa berlangsung sekitar pukul 06.47 Wita membuat masyarakat Kota Mataram dan sekitarnya berhamburan keluar rumah.

“Hingga Minggu pukul 9.45 WIB korban gempa menyebabkan 10 orang meninggal dunia, 40 orang luka dan beberapa bangunan rusak,” kata kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho melalui keterangan tertulisnya kepada wartawan.

Berdasarkan informasi dari BMKG, pusat gempa berada di 8.26 Lintas Selatan—116.55 Bujur Timur, dengan kedalaman 28 kilometer Barat Laut Lombok Timur NTB. Gempa berkekuatan 6,4 Skala Richter ini tidak berpotensi tsunami. BMKG menyatakan gempa dimaksud tidak berpotensi tsunami. (Truspal/Jones)