JAYAPURA – Pencarian Korban Pesawat Jatuh di Kab. Pegunungan Bintang dilakukan oleh team SAR gabungan TNI – Polri, Team Dinas Kesehatan, serta sukarelawan dari masyarakat untuk melakukan pencarian dan penyisiran Pesawat PK-HVQ Tipe Pesawat PILATUS PC-6 PORTER, Pada hari Minggu (12/08/2018).

Pencarian korban yang dipimpin oleh Kompol Tofan Irdiyanto S.Sos, Wakapolres Kab. Pegunungan Bintang dihadiri sekitar 50 Orang, turut hadir diantaranya : AKP Titir Loloby (Kabag Ops Polres Kab. Pegunungan Bintang), Kapten Inf Aprin Paimbon (Danramil 1702-01/Oksibil), Kapten Inf Udan Spd (Danki RK 644/WS), AKP Surono (Kasat Binmas Polres Kab. Pegunungan Bintang), Iptu Berti Kendek SH (Kasat Intelkam Polres Kab. Pegunungan Bintang), Iptu Frengky Rumbiyak (Danki Brimob Polda Papua), Ibu Nancy Hersulessy (Sekretaris BPBD),

Adapun kegiatan dalam pencarian korban kecelakaan sebagai berikut :
Pada pukul 06.40 WIT Team SAR tiba di Kp. Okatem dilanjutkan bersama-sama dengan masyarakat setempat menuju ke Gunung Menuk dengan berjalan kaki. Pada pukul 09.20 WIT Team SAR beserta masyarakat tiba di lokasi jatuhnya PK-HVQ Type Pilatus PC-6 Porter (Co. 6027 6104/Ketinggian 1978 m), dengan kondisi pesawat bagian depan pesawat rusak berat dan sayap bagian kiri patah diduga karena menabrak pohon, kondisi korban yang ditemukan di TKP sebagai berikut :

1. Kapten Leslie Sevuve (Pilot), Meninggal Dunia
2. Wayan Sugiarta (CO Pilot), Meninggal Dunia
3. Sudir Zakana (Penumpang), Meninggal Dunia
4. Martina Uropmabin (Penumpang), Meninggal Dunia
5. Hendrikus (Penumpang), Meninggal Dunia
6. Lidia (Penumpang), Meninggal Dunia
7. Jumaludin (Penumpang), Meninggal Dunia
8. Naimus (Penumpang), Meninggal Dunia
9. Jumaidi (CHL/anak-anak), Masih Hidup dengan kondisi mengalami cidera pada bagian bahu kiri, tangan kanan, paha kiri dan kanan serta tulang belakang.

Team SAR dibantu Sukarelawan masyarakat segera melaksanakan proses evakuasi terhadap korban yang selamat dan meninggal dunia serta mencari Kotak Hitam dan GPS pesawat, Team SAR menemukan Kotak hitam dan GPS Pesawat yang selanjutnya dibawa oleh anggota Polres Oksibil dari TKP kecelakaan Pesawat ke Kp. Okatem serta langsung diserahterimakan kepada Iptu Gondam Pringgodani (Kasatreskrim Polres Kab. Pegunungan Bintang)

Dalam Evakuasi Korban atas nama Jumaidi yang selamat dalam kecelakaan pesawat, segera dilarikan melalui jalur darat menuju RS. Oksibil untuk mendapatkan penanganan medis, begitu juga untuk 8 orang jenazah segera dibawa turun dari atas gunung oleh Team SAR Gabungan TNI – POLRI.

Korban yang selamat atas nama Jumaidi dievakuasi menuju Sentani tujuan RS Bhayangkara Jayapura menggunakan pesawat Dimonim.

Sampai dengan saat ini RSUD Oksibil masih melakukan identifikasi terhadap korban kecelakaan Pesawat sambil menunggu pihak keluarga.
Adapun Kotak hitam masih diamankan oleh pihak Polres Pegunungan Bintang. (Rochman)