JAKARTA – Dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijah 1439 H yang bertepatan pada hari Rabu, (22/8/2018). Warga jalan Minangkabau 2, Menteng Atas Jakarta Selatan, menyelenggarakan penyembelihan hewan qurban.

Hasil dari penyembelihan hewan qurban ini dibagikan kepada kaum duafa dan masyarakat yang membutuhkan di sekitar lingkungan. Acara penyembelihan hewan qurban memang telah menjadi agenda tahunan. Tidak hanya warga dan para dermawan, seluruh masyarakat pun dilibatkan dalam acara ini.

Panitia penyelenggara hewan qurban dibentuk oleh 2 orang pelaksana yaitu H. Hermansyah dan Ketua Rw. 06. Moh. Effendi. Adapun Hewan qurban berjumlah 14 ekor, 4 ekor Sapi dan 10 ekor kambing, antusias kegotong royongan warga cukup menyatu, setelah sholat idul adha, warga berbondong-bondong menyiapkan semua keperluan untuk pemotongan.

“Sebelum disembelih, kondisi sapi dan kambing tampak sangat sehat tanpa ada cacat sedikit pun. Memang begitu seharusnya sapi yang boleh dijadikan hewan qurban menurut syariat Islam,” ungkap H. Hermansyah.

Acara diawali dengan mendirikan sholat Idul Adha di Musholah Darul Istiqomah, pada pukul 06.00 Wib yang diimami oleh H. Hermansyah, salah satu ketua FPI Jakarta Selatan.

Kemudian setelah sholat idul adha, dilanjutkan dengan briefing bersama panitia dan warga. Setelah itu, acara penyembelihan dimulai pada pukul 08.00 WIB. Sekitar pukul 10.30 Wib, daging hasil penyembelihan setelah selesai akhirnya siap untuk dibagikan. Pemberian daging kepada warga Duafa dan fakir miskin diberikan panitia dari rumah ke rumah.Pembagian berjalan dengan tertib dan lancar.

“Tak hanya penyembelihan dan pembagian hewan qurban kepada masyarakat, ada satu acara lagi, yakni makan siang bersama dengan menu sayur Sop daging sapi yang telah dimasak oleh para Panitia dan warga. Semua panitia dan warga tampak membaur dan merasa senang karena acara qurban dapat berjalan dengan lancar. Setelah acara makan siang bersama selesai, para panitia dan warga pulang ke rumah masing-masing,” Pungkasnya. (Rochman)