KOTA TANGERANG – Penggunaan Sistem Perparkiran Berbasis Teknologi sudah saatnya diaplikasikan sebagai alih Technology kepada masyarakat untuk memudahkan transaksi parkir menuju era CASHLESS (Non tunai) dalam era digital sekarang ini. Hasil ini yang menbuat PT. Adhi Triyasa Sakti Auto Parkir (PT. ATS) bekerjasama dengan PT. Tangerang Nusantara Global (PT. TNG) meluncurkan sistem parkir digital diwilayah Kota Tangerang. (31/9/18).

Sistem parkir berbasis digital ini merupakan yang pertama dilakukan di Kota Tangerang dan secara bertahap akan dilakukan di seluruh ruas jalan Kota Tangerang dengan petugas parkir yang menggunakan alat digital (handheld), yang memudahkan masyarakat melakukan pembayaran parkir baik tunai maupun non tunai.

Sistem pembayaran parkir yang akan dimonitoring secara 24 jam secara online dan Real Time yang ditampilkan dalam sebuah Dashboard di Kominfo Tangerang Live. Sehingga Pemerintah Kota Tangerang dengan transparan dapat melihat pendapatan parkir secara Real Time.

Budi Darmawan selaku Direktur Utama PT. ATS Auto Parkir mengatakan, Selain dari sistem parkir, penggunaan alat ini dapat memiliki beberapa fitur antara lain, dapat mengetahui wilayah parkir di wilayah Kota Tangerang, dapat melakukan pemesanan parkir, pembelian pulsa top up (isi ulang), uang elektronik pembelian tokel listrik dan lain sebagainya. Dengan demikian keberadaan petugas parkir di setiap ruas jalan di Kota Tangerang dapat menjadi lebih profesional dan meningkatkan taraf hidup mereka.

“Sudah saatnya dilakukan perubahan sistem parkir yang ada dengan menggunakan alat digital (Handheld) secara transparan. Ini guna menekan penyelewengan yang selama ini terjadi dan untuk meningkatkan pendapatan Pemerintah Daerah Kota Tangerang,” Ungkapnya.

“Hal ini dikarenakan, sistem parkir tersebut dapat di integrasikan dengan sistem lain kedalam satu sistem yang transparan, sehingga mempermudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi dan menggunakan teknologi ini.” Tambahnya.

Disisi lain, penggunaan sistem parkir ini digital ini juga dapat membuka peluang kerja kepada petugas parkir liar yang ada sekarang untuk menjadi petugas parkir yang dapat membantu masyarakat selain dari pelayanan parkir.

“Semoga peluncuran sistem parkir digital ini yang juga merupakan karya anak bangsa dapat bermanfaat bagi masyarakat dan meningkatkan pendapatan daerah secara transparan.” Ujar H. Nanang Hermawan selaku Direktur Utama PT. TNG, sebagai penutup dalam peluncuran sistem parkir digital di Kota Tangerang.

Selain di Kota Tangerang, dalam waktu tidak lama lagi sistem parkir digital ini akan segera hadir di Kota Jakarta, Bandung, Medan, Padang, Jambi, Balikpapan dan pengembangan dikota lain di Indonesia. Dan fitur digital ini juga akan memberikan keamanan, kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat karena dilindungi oleh asuransi. (Glen)