Tangerang Selatan – Sebagai wujud nyata kepedulian atas kesehatan dan kebersihan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dan banyaknya hal yang menyebabkan sampah yang berserakan yang mengakibatkan menimbulkan bau aroma tak sedap sehingga diperlukannya peran semua elemen masyarakat yang memiliki tingkat kepedulian terhadap kebersihan secara berkesinambungan.

Menyikapi hal tersebut DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kota Tangsel beserta kadernya melakukan aksi bersih-bersih sampah yang dilaksanakan di area Pasar Modern BSD Serpong, Minggu (07/10/18).

Menurut Steven Jansen selaku Wakil Ketua DPC PSI Tangsel yang juga Ketua Bapilu menyampaikan bahwa sampah adalah masalah bersama dan diperlukan tingkat kepedulian yang tinggi dari semua elemen masyarakat. Karena begitu banyak masalah sampah yang ada di Tangsel, untuk itu PSI peduli akan kebersihan yang ada di Tangsel dan adapun ini titik awal yang dilakukan PSI Tangsel di Pasar Modern BSD. Dan berikutnya setiap minggu kegiatan ini akan rutin dilaksanakan di tempat tempat lainnya di seluruh daerah Tangerang Selatan.

“Sebanyak lebih kurang 50 orang dari PSI Tangsel turun ke lapangan untuk melakukan pemungutan sampah yang berserakan disekitar area Pasar Modern dan pinggir jalan hingga ke prapatan lampu merah Nusa Loka,” ujarnya kepada media Indonesiaparlemen. com.

Masih menurutnya, PSI mempunyai program melakukan bersih bersih sampah minimal dengan tujuan agar masyarakat dapat melihat dan tergugah hatinya dengan rasa kepedulian terhadap sampah. Karena saat ini sampah adalah masalah yang sangat krusial, untuk itu PSI peduli dan berkeinginan kuat untuk ikut berpartisipasi bersih bersih sampah di Tangsel.

Sementara Muhammad Hafiz selaku sekretaris DPW PSI propinsi Banten menyampaikan selain kegiatan bersih bersih yang di lakukan setiap minggu di Tangsel ini, ada juga program unggulan Rumah Sehat Solidaritas. Yang mana setiap rumah diberikan edukasi door to door bagi masyarakat bagaimana cara mengelolah sampah yang baik dan juga bisa membantu pemerintah dalam hal mengatasi masalah sampah. Karena sampah merupakan masalah yang sangat berperan besar di Tangsel.

“Kita sebagai warga tangsel gemes dan greget terhadap sampah yang “merusak” keasrian dan keindahan kota tangsel yang sama -sama kita cintai ini.” tegasnya.

Lebih lanjut dikatakan Muhammad Hafiz, dengan adanya rasa tanggungjawab pada sampahnya sendiri, mereka akan membuang sampah di tempat yang sudah disediakan, nanti tinggal petugas yang mengambilnya,” tambahnya.

”Saya sangat mendukung sekali para anggota PSI dengan kegiatan bersih bersih. Hal ini sangat positif dan lebih berformance dengan aksi nyata ditengah masyarakat. Semoga kegiatan ini terus berkelanjutan, “ harap Ibu Nia salah satu pedagang warung kopi pasar Modern.

Dalam melakukan aksi bersih-bersih terlihat juga Andreas Ketua DPD PSI KotaTangsel, Sekretaris DPD PSI Tangsel Ferdiansah, Ibu Dewi Bendahara DPD PSI Tangsel, para Ketua DPC se Tangsel. (Glen)