TANAH DATAR – Pemerintahan nagari (desa adat) undang murid-murid sekolah SLTP sederajat, SLTA 2 rambatan dan para Kader Posyandu Nagari Simawang untuk menghadiri sosialisasi kesehatan dengan tema “Mewujudkan pola hidup sehat dalam kehidupan masyarakat”.

Acara ini diadakan di aula kantor Nagari Simawang Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat pada hari Selasa, 27-11-2018 jam 9.00 WIB – sampai selesai.

Penyelenggaraan acara sosialisasi kesehatan oleh pemerintah nagari mendatangkan dua narasumber dari dinas kesehatan kabupaten tanah datar.
Dalam penyampaian materi Nini Delvina sebagai narasumber dari dinas kesehatan tanah datar menghimbau agar masyarakat yang harus berbuat untuk tercapai nya kesehatan yang lebih baik tanpa bantuan pemerintah inilah yang dimaksud dengan sanitasi total berbasis masyarakat(STBM).

Sanitasi total berbasis masyarakat ini mempunyai lima pilar diantaranya:
1.Buang air besar tidak sembarang tempat.
2.Penggunaan air minum dalam rumah tangga
3.Cuci tangan harus pakai sabun
4.Makan dan minum harus bersih
5.pembuangan limbah harus pada tempatnya.

“Jadi perubahan lingkungan menuju sehat itu yang merencanakan masyarakat, yang menggunakan masyarakat dan yang memelihara masyarakat,” ujar Nini Delvina kepada indonesiaparlemen.com. Selasa, (27/11/2018).

Ditempat yang sama narasumber yang lain mengajak para murid SLTP sederajat (pesantren) SLTA Negeri 2 Rambatan dan para kader posyandu yang ada di nagari (desa adat) simawang agar menjauhi NAPZA (narkotika, psitropika dan zat adiktif) karena napza ini bisa merubah pola pikir seseorang dari dari pola pikir yang baik menjadi pola pikir yang buruk.

“Jadi bagi kaum ayah dan ibu agar bisa memberikan contoh yang baik kepada anak agar anak terhindar dari pemakaian narkoba di kala adanya permasalahan,” ujar narasumber dinas kesehatan kabupaten tanah datar.

Di akhir acara tim Indonesia Parlemen mewawancara sekretaris nagari Akmal. “tujuan seminar kesehatan ini agar masyarakat terhindar dari penyakit masyarakat terutama narkoba dan bisa menerapkan pola hidup sehat di keluarga dan masyarakat,” ujar Akmal. (Nico)