TANGERANG SELATAN — Pelaku penipuan dengan modus rumah bersubsidi bodong yang berlokasi diwilayah Kabupaten Bogor berhasil ditangkap Tim Vipers Polres Tangerang Selatan pada Sabtu 8 Desember 2018 lalu. 

Hal ini disampaikan langsung oleh Kapolres Tangerang Selatan (Tangsel) AKBP Ferdy Irawan didampingi Kasat Reskrim AKP Alexander Yurikho dalam gelar Konferensi Pers dihalaman Mapolres Tangsel. Kamis (13/12/18).

Menurut AKBP Ferdy, pelaku atas nama Jhon Sumanti ini mengaku menjanjikan rumah murah bersubsidi kepada 171 korban. Dikatakannya ratusan korban tersebut yang sudah melapor ke Polres Tangerang Selatan.

“Sebanyak 171 orang korban sudah melapor ke Polres Tangerang Selatan, kemungkinan masih ada lagi, jadi bagi masyarakat yang merasa tertipu dengan pelaku ini segera melapor,” ungkapnya.

Dan Pelaku berhasil kami tangkap di Manado Sulawesi Utara pada Sabtu 8 Desember 2018 kemarin,” kata Kapolres Tangsel Ajun Komisaris Besar Polisi Ferdy Irawan kepada awak media.

Lanjut Kapolres, Pelaku Jhon Sumanti katanya, menjanjikan dua lokasi perumahan bersubsidi bernama Bumi Berlian Asri dan Bumi Berlian Serpong diwilayah Kabupaten Bogor. Walaupun lokasi perumahan fiktif tersebut berada diluar kota Tangerang Selatan, Namun Kantor pemasaran PT.Cakrawala Karya Kinakas berada diwilayah Kota Tangerang Selatan.

“Walaupun proyeknya di Kabupaten Bogor, tetapi kantor pemasaran perumahan ini sempat ada di Villa Dago Pamulang dan di ruko BSD Serpong Kota Tangerang Selatan. Saat ditangkap pelaku ini melarikan diri ke Manado dan berhasil kami tangkap,”Jelasnya.

Kapolres menambahkan, Pelaku ini juga menjabat sebagai Direktur PT Cakrawala Karya Kinakas, perusahan tersebut berkedok menjual perumahan bersubsidi. Total uang yang didapatkan pelaku dari para korbannya sebesar Rp 4,5 miliar.

“Pelaku sampai saat ini baru satu, pelaku dikenakan pasal 378 dan atau pasal 372 KUH Pidana tentang penipuan dengan ancaman hukuman selama lima tahun penjara,” imbuhnya.

Kapolres diakhir keterangannya berpesan kepada para korban yang sudah tertipu oleh pelaku dengan nama PT. Cakrawala Karya Kinakas dapat membuat laporan ke Mapolres Tangerang Selatan. (Glen)