KOTA BEKASI – Walikota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan, untuk pengamanan kita kerahkan dari semua jajaran terkait untuk menjaga keamanan di malam Natal 2018 ini.

“Saya sama pak kapolres dan pak dandim pada malam hari ini, bahkan mulai dari siang tadi sudah monitoring ke beberapa titik gereja yang ada di Kota Bekasi,” ujar Walikota Bekasi Rahmat Effendi, Senin (24/12).

Lebih lanjut diagendakan unsur muspida berangkat Ke Arnoldus Pasar Baru, Kumene Harapan Baru, dan Galaxy.

“Seluruh pihak terkait selaku jajaran pengamanan Malam Natal 2018 yang ada yaitu Pak Danramil, pak Kapolsek, camat, lurah, bimaspol dan babinsa sudah Komitmen bersama menjaga kondusifitas Malam Natal di Kota Bekasi,” pungkasnya.

Ia pun menambahkan bahwa persiapan di malam Natal ini sudah siap di beberapa titik gereja yang ada di Kota Bekasi.

“Keamanan harus kita jaga bersama, karena keamanan itu milik kita bersama,bukan hanya milik satu golongan saja sesuai amanat Undang-undang Dasar 1945 pasal 28 E ayat 1 bahwa : setiap orang bebas memeluk agama dan beribadat menurut agamanya, memilih pendidikan dan pengajaran, memilih pekerjaan, memilih kewarganegaraan, memilih tempat tinggal di wilayah negara dan meninggalkannya serta berhak kembali.
Dan masyarakat kota Bekasi itu majemuk jadi pemerintah wajib melindungi semuanya,” bebernya.

Selain itu, ditempat yang sama Kapolres Metro Kota Bekasi, Kombes Pol Indarto menjelaskan, pengamanan kita kerahkan sebanyak 1945 personil gabungan untuk mengamankan 255 tempat ibadah.

“Polrinya 10 orang, TNI nya ada 5 orang, lalu satpol PP dan ada mitra khantibnas juga panitia lokal di setiap gereja yang ada di Kota Bekasi,” ucapnya.

Dikatakan Indarto, sejak awal sudah koordinasi dengan tokoh agama kita sampaikan kalau datang jangan pakai tas besar, selain itu juga sudah koordinasikan kalau datang ada SOP sterilisasi. kalau ada tas-tas besar kita suruh buka sendiri dan kita lihat.

“Setiap gereja juga ada sterilisasi, dan kita memaksimalkan pengamanannya gereja yang ada di Kota Bekasi,” Pungkasnya.

(Dirham/Humas pemkot bekasi)