BOGOR – Memasuki tanggal 30 Desember 2018 (H-2 Tahun baru), kondisi arus lalulintas menuju kawasan wisata Puncak, di Simpang Pos Polisi Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat terpantau mengalami kepadatan Arus lalin yang cukup lumayan.

Kasat Lantas Polres Bogor AKP Hasby Ristama mengatakan kemacetan tersebut terjadi sejak pukul 06.00 WIB dari simpang gadog sepanjang 4 kilometer.

“Volume kendaraan dari Jakarta mengarah ke Puncak sudah meningkat sejak pagi tadi. Ini terjadi karena Hotel dipuncak banyak yang menggunakan sistem paket tahun baru sehingga tanggal ini merupakan waktu masuknya,” kata Hasby, Minggu (30/12/2018).

Terdapat simpul-simpul kemacetan di sepanjang Jalur Puncak diantaranya Simpang Pasir Muncang, Simpang Pasir Angin, Simpang Mega Mendung, Simpang Taman Wisata Matahari, Simpang Taman Safari, dan Simpang Warung Kaleng. Yang harus di waspadai oleh para pengguna jalan. Karena di dalamnya banyak villa dan penginapan

Perlu diketahui jumlah kendaraan yang masuk ke jalur puncak : 35.367
Kembali Menuju jakarta dari gerbang tol ciawi : 26.030 (24 jam tanggal 29 Desember 2018).

Untuk mengurai kemacetan panjang itu, pihaknya memberlakukan sistem satu arah (oneway) dari arah Jakarta menuju kawasan Puncak lebih awal dari jadwal biasanya yaitu mulai pukul 07.00 WIB.

“Tadi kita sudah lakukan satu arah ke atas (Puncak) lebih awal karena volume kendaraan terus meningkat. Satu arah ini kita lakukan sampai pukul 12.30 WIB namun sifatnya situasional,” jelas Hasby.

Petugas yang dikerahkan sejumlah 250 orang terdiri dari Lantas, sabara maupun anggota Polsek ciawi, Megamendung maupun Cisarua Puncak.

Hasby pun mengimbau agar masyarakat yang hendak menuju Cianjur, Cibodas, Ciloto, Taman bunga maupun ke Bandung dan sekitarnya untuk menggunakan jalur alternatif via Jonggol maupun Sukabumi karena lebih cepat.

“Himbauan kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan dari *Bogor menuju Cianjur menggunakan jalur alternatif melalui jalur Jonggol Cileungsi dan Cibubur dengan jarak 86 kilometer maupun Tol bocimi via sukabumi, “tutupnya.

Untuk malam tanggal 30 desember ini akan ada kegiatan keagamaan di mesjid attaun pada pukul 20.00-01.00 Wib
Diharapkan masyarakat menghindari jalur tersebut karena akan terjadi kepadatan. Dan gunakan jalur altenatif yang disiapkan oleh petugas (jonggol dan sukabumi).

(Dirham)