Megapolitan

Pemkab Karawang Diminta Turun Ke Desa Pamekaran Kecamatan Banyusari Terkait Minimnya Pengairan Sawah

KARAWANG – Curah hujan selama Satu bulan terakhir ini, menyebabkan lahan sawah di Desa Pamekaran terancam kekeringan. Petani di Kec. Banyusari, Kab. Karawang mengeluhkan minimnya ketersediaan air irigasi untuk mengaliri areal persawahan warga yang sudah ditanami padi.

Kepala Desa Pamekaran H. Ahmad Kholil, Saat memberikan penjelasan melalui Whatsap (WA) kepada awak media, menyebutkan bahwa usia tanaman saat sekarang ini baru 1 bulan sehingga sangat rentan sekali apabila tidak tercukupinya air karena dapat mengganggu pertumbuhan tanaman.

“Saat ini tanggul saluran air di Bambu Jati Ragas banyak yang bocor serta memprihatinkan, Sehingga sawah-sawah warga di Desa Pamekaran banyak yang kering. Pada saat mulai menabur benih dan penanaman bibit tanaman padi sangat membutuhkan banyak air, sedangkan sumber air dari saluran irigasi saat ini sangat minim. Dimana, sumber air dipasok dari sungai yang di alirkan melalui irigasi-irigasi di sekitar kawasan persawahan Desa Pamekaran,” ungkap Kepala Desa. Sabtu (05/01/2019).

Salah satu penyebab kurangnya pasokan air pada sejumlah saluran irigasi di areal persawahan warga, dikarenakan oleh musim kemarau, sehingga kurangnya musim hujan menyebabkan ketersedian air di sawah sangat minim.

Kepala Desa Pamekaran juga menyampaikan bahwa kekurangan air sangat dikhawatirkan apabila tanaman memasuki masa vegetatif (berbuah), sehingga pada saat seperti itu sangat diharapkan ketersedian air tercukupi. Petugas air sudah kami bentuk dan di terjunkan untuk meninjau lokasi di persawahan warga.

“Harusnya wilayah Jatiragas Kec. Jatisari saluran air menuju desa cicinde Selatan, Utara bisa memberikan air yang cukup masuk ke irigasi yang berada di Desa Pamekaran,” ungkap nya.

Warga Pamekaran selain mengharapkan turunnya hujan, juga diharapkan ada solusi dari Pemerintah daerah Kab. Karawang melalui dinas pertanian, untuk melihat kondisi kekurangan air di areal persawahan warga yang sangat membutuhkan tinjauan dari instansi pemerintah terkait.

Permasalahan utama ketersediaan sumber daya air di Desa Pamekaran merupakan persoalan pokok dalam bidang pertanian.

Pada musim hujan, ketersediaannya lebih dari cukup, bahkan berlebihan, sehingga menyebabkan banjir. Namun pada musim kemarau, ketersediaanya sangat sedikit, dan di daerah tertentu dapat menyebabkan kekeringan dan membahayakan tanaman. sistem irigasi mempunyai peranan yang sangat penting guna mensuplai air untuk sektor pertanian.

Ada beberapa hal yang tidak boleh kita lupakan dalam sistem irigasi , yaitu, Dari manakah sumber air yang akan digunakan bagaimana cara pemberian air irigasi dan bagaimanakah sistem irigasi yang digunakan. (Team Investigasi)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close