TANGERANG SELATAN -Pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Banten menggelar kegiatan safari digital ke Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) di Jalan Raya Puspiptek, Tangerang Selatan (Tangsel), Rabu (9/1/2019).

Ketua Umum SMSI Provinsi Banten, Junaidi mengatakan, safari digital merupakan kegiatan yang bertujuan untuk membangun kemitraan sekaligus menuangkan ide dan gagasan terutama dalam pengawasan dan pengembangan bidang teknologi yang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Kegiatan kunjungan ke Puspiptek merupakan safari yang kedua setelah Bintaro. Safari ini untuk menjalin silaturahmi ke pejabat dan menyampaikan masukan dari masyarakat ke Puspiptek,” katanya.

Selain itu, lanjut Edi sapaan akrab Ketua Umum SMSI Provinsi Banten, mengungkapkan, pihaknya juga mempertanyakan terkait tata penggunaan aset milik Puspiptek, pengolaan air, dan wisata teknologi serta potensi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNPB).

“Kami juga banyak berdiskusi terkait aturan penggunaan aset Puspiptek, yang mana dapat bermanfaat negara dan rakyat,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Bidang Sarana Kawasan Puspiptek, Dwi Wiratno Prasetijo membenarkan terdapat beberapa pihak yang telah bekerjasama untuk menggunakan aset milik Puspiptek.

“Ada 10 pihak baik dari pemerintah atau swasta yang telah MoU (perjanjian) dengan pihak kita (Puspiptek) yang sifatnya pinjam pakai. Seperti Institut Teknologi Indonesia (ITI), Pemkot Tangsel, Telkom, Kepolisian, SMAN 2 Tangsel, SMP, PLN, TK Bakti, gerai mesin ATM,” ungkapnya.

Dia juga menyebutkan, dari hasil penggunaan aset Puspiptek dari keseluruhan lahan 460 hektar, pihaknya juga telah menerima PNPB pada tahun 2018 sebesar Rp 8.3 miliar.

“Puspiptek itu terdiri dari zona pendidikan, perkantoran, penelitian, perumahan. Penerimaan itu hasil dari PNPB fungsional seperti pelayanan, wisma tamu sekitar Rp 3.7 miliar dan PNPB umum seperti sewa lahan sekitar Rp 4.6 miliar,” sebutnya.

Dwi juga berharap pertemuan dengan SMSI Provinsi Banten, Puspiptek kedepan dapat bermitra baik dari segi publikasi maupun bidang lainnya. (Glen)