KOTA TANGERANG – Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Kerta Raharja (PDAM TKR) mengalami gangguan sejak Rabu (13/2/2019) kemarin.

Hingga Kamis (14/2/2019) pukul 19.00 WIB ini, air pam milik Tirta Kerta Raharja (TKR) di sejumlah wilayah di Kota Tangerang tidak mengalir sama sekali ke pelanggan di karenakan adanya gangguan.

Kondisi tersebut membuat puluhan warga Perumahan Benua Indah, Pabuaran Tumpeng, Kota Tangerang rela antre untuk membeli air isi ulang demi untuk keperluan mandi dan lain lain.

Matinya Air pelanggan milik perusahaan Air Bersih Tirta Kerta Raharja membuat Para warga harus membeli Air Isi ulang, tampak silih berganti membeli air isi ulang seharga Rp5000 pergalonnya untuk keperluan mandi, cuci dan memasak.

“Air ledengnya mati dari kemarin. Karena katanya ada gangguan,” ujar Oktian Jaya Wiguna, warga setempat, kepada media. Kamis (14/2/2019).

Melihat kondisi seperti itu perusahaan Air Bersih milik Tirta Benteng tidak tinggal diam, Dengan mengirim bantuan 1 unit mobil Tangki berisi Air Bersih untuk para warga pelanggan Air Kerta Raharja, mereka merasa lega ketika satu unit mobil tangki air milik PDAM Tirta Benteng datang membantu.

“Alhamdulilah sekarang lagi antre isi air dari mobil bantuan, gratis,” kata pria yang akrab disapa Aan ini.

Satu unit mobil tangki air berwarna biru milik PDAM Tirta Benteng yang datang kelokasi dimana warga Benua sedang mengalami pasokan air bersih yang di sebabkan oleh adanya ganguan dari perusahaan air bersih milik Tirta Kerta Raharja.

Asisten Manajer Humas dan Pengaduan PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang Ichsan Sodikin membenarkan jika pihaknya mengrimkan bantuan air kepada warga Perumahan Benua Indah.

Kata dia, warga lainnya yang terdampak gangguan pelayanan air bersih pun dikirimkan air melalui mobil tangki selagi bantuan masih memungkinkan.

“Iya. Kalau memungkin kita kirim bantuan. Tapi kan seharusnya mereka (PDAM TKR) yang kirim bantuan juga ke warga yang berdampak air mati karena ini pelanggan mereka,” ucapnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, beberapa wilayah di Kota Tangerang yang terdampak akibat adanya gangguan pelayanan air bersih berada di Batuceper, Benda, Neglasari, Karawaci, Jatiuwung, Periuk, Pinang, hingga Cibodas.

Ichsan menuturkan sejumlah wilayah terdampak tersebut merupakan pelanggan PDAM TKR. Kata dia, imbasnya ke PDAM TB. Ia mengaku bahwa kordinasi antar keduanya terbilang intens, namun hanya ketika sedang ada gangguan.

“Komunikasi ada hanya sebatas pemberitahuan saja kalau mereka sedang ada perbaikan seperti ini,” katanya.

Hingga kini, pihak PDAM TKR belum bisa memberikan keterangan perihal matinya saluran saluran air kepada pelanggan. Hanya berdasarkan selebaran pengumuman yang dipublikasikan PDAM TKR, gangguan diakibatkan adanya pekerjaan interkoneksi jaringan pipa di IPA Cikokol dan relokasi jaringan pipa distribusi air bersih. Perbaikan dilakukan selama dua hari. Diperkirakan, esok hari akan kembali normal. (Glen)