TANAH DATAR – Diacara musrembang nagari simawang tahun 2019 wali nagari simawang memberikan penjelasan tentang rencana kerja pembangunan (RKP) nagari simawang tahun 2020 prioritas 1 dibidang fisik dan prasarana untuk pengaspalan jalan Piliang Bendang – batulimbak/simpang Talago Rawang ke Simpang surau balenggek batulimbak.

Jalan ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat nagari simawang untuk rutinitas sehari-hari, ditinjau dari disegi kegunaan jalan ini menghubungkan dua jorong dan daerah ini bisa di jadikan objek wisata untuk menambah penghasilan masyarakat simawang juga jalan ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat nagari simawang untuk meningkatkan hasil di bidang pertanian.

Di tahun 2017 jalan ini juga termasuk rencana kerja pembangunan (RKP) nagari simawang tetapi sampai sekarang belum juga dilaksanakan pembangunannya oleh kabupaten tanah datar.

Maka dari hal ini wali nagari simawang E.dt. Rajo muyang memohon kepada Tim musrenbang kabupaten tanah datar agar di tahun 2019 ini jalan Simpang talago Rawang-jalan surau balenggek dapat dilaksanakan pengaspalannya ujar wali nagari simawang.


‌Juga E.dt. Rajo Muyang selaku wali nagari simawang menyampaikan bidang program prioritas rencana kerja pembangunan (RKP)nagari simawang tahun 2020 secara rinci.

Ada tiga bidang program prioritas rencana kerja pembangunan (RKP) nagari simawang untuk tahun 2020
1.bidang pisik dan sarana
2.bidang ekonomi
3.bidang sosial dan budaya

Bidang fisik dan sarana

– pengaspalan jalan Piliang Bendang ke batulimbak/simpang talago Rawang-jalan surau balenggek
– pengaspalan jalan lunau ke ujuang Rimbo jalan ini akan menghubungkan jalan kabupaten tanah datar dengan jalan kabupaten Solok.
– pengerasan jalan Talago cincin ke Talago janiah dan jalan Simpang talago jirak.
– rebab beton jalan limau manis, pincuran, simpang heler.
– pengaspalan jalan Padang data – baduih.
– rebab beton bahu jalan balai gadang ,Piliang Bendang, batulimbak.
– rebab beton jalan anggarayo- sibaringin.
– pembangunan dam penahan tanah sepanjang jalan congkong ke batulimbak.
– pembangunan dam penahan tanah jalan kabupaten sudu sudu ke Piliang.
– rebab beton jalan Simpang SD 19 baduih pasiranggai nagari balimbiang.

Bidang ekonomi
– pembangunan embung dan irigasi bolek.
– pengadaan bibit perkebunan dan pertanian.
– pengadaan alat tangkap ikan yang ramah lingkungan
– bantuan alat pembasmi hama.
– bantuan sarana prasarana pasar OMBILIN.
– bantuan sarana dan prasarana pertanian nagari simawang.

Bidang sosial dan budaya.
– penegakan tepal batas kabupaten tanah datar dengan tepal batas kabupaten Solok,( data data masih di provinsi).
– fornografi nagari adad salingka nagari.
– pembangunan sanitasi pagar dan mobiler sd22/19 baduih.
– pembangunan pukesri untuk batulimbak dan jorong pincuran gadang.
– pembangunan musholla SD 09 Padang data simawang.
– bantuan dana pengembangan pendidikan TPA/TPSA di simawang.
– Dll

Wali nagari simawang menghimbau seluruh unsur masyarakat nagari simawang agar dapat mendukung musrembang tahun 2019 dan dengan melalui musrembang nagari simawang kita tingkatkan partisipasi dalam mengsukseskan pembangunan nagari menuju yang lebih baik lagi.

Acara musrembang nagari simawang tahun 2019 diadakan di aula kantor nagari simawang (4-2-2019) jam 10:00 WIB juga di hadiri oleh tiga anggota DPRD kabupaten tanah datar, satu anggota DPRD kota Bukittinggi (putra simawang) tim musrembang kabupaten tanah datar, camat kecamatan rambatan, ketua simawang Saiyo ,dan unsur masyarakat nagari simawang.

Diruangan yang sama ALIMUHAR SUTANTUNARO memberikan sambutan terkait pelaksanaan kegiatan pembangunan di nagari simawang.

“masyarakat simawang hendaknya dapat mendukung program pembangunan yang telah terealisasi terutama di pembebasan lahan yang akan digunakan untuk pembangunan, Adanya dukungan dari masyarakat akan memperlancar pembangunan di nagari simawang,” ujar anggota DPRD kabupaten tanah datar. (Nico)