TANGERANG SELATAN – Bertempat di lapangan bola PTP RT 0012/04 Kel Cilenggang, Kec Serpong, Kota Tangerang Selatan, Selasa (05/03/2019) dilaksanakan “Sosialisasi Advokasi Program Kependudukan Keluarga Berencana Dan Pembangunan Keluarga ( KKBPK) Bersama Mitra tahun 2019” yang dibuka oleh Drs Budoyo mewakili Kepala BKKBN Provinsi Banten.

Dalam sambutannya, Budoyo menyampaikan, kegiatan ini rutin kita lakukan bekerjasama mitra dari Komisi IX DPR RI guna pengawasan dan percepatan program sehingga maksimal ditengah masyarakat.

“Dulu programnya bernama Badan Koordinasi, sekarang Badan Kependudukan yang memiliki arti lebih luas sekarang. Sesuai dengan tulisan di BKKBN, “Kalau Terencana, Semua Mudah” dan “Keluarga Kecil Kunci Keluarga Sejahtera”.

Dikatakannya, BKKBN selalu bersinergitas dengan semua lembaga pemerintah dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, kesehatan dan pemukiman. Kita hanya sebatas wadahnya.

“Intinya kita mengajak semua pihak dan instansi untuk memberdayakan masyarakat untuk meningkatkan dan kesejahteraan masyarakat kita. “Masyarakat kita berdayakan dari masyarakat oleh masyarakat untuk masyarakat.” ungkapnya.

Sedangkan Hj. Siti Masrifah Anggota DPR RI Komisi IX mengajak masyarakat yang ada di Kampung KB khususnya di wilayah Cilenggang untuk memprogramkan perkawinan dan kelahiran anak dengan jarak yang ideal sehinga tercipta keluarga kecil bahagia dan sejahtera.

“Kampung KB sebagai wahana pemberdayaan masyarakat. Ini sebuah program dari BKKBN untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara. Melalui program KKBPK serta pembangunan sektor terkait lainnya dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.” tutur Masrifah.

Di kesempatan yang sama, Lurah Cilenggang Umar Dani juga menyampaikan, atas nama Kelurahan Cilenggang, kami apresiasi kegiatan BKKBN yang dilaksanakan di wilayah ini.

“Mudah- mudahan kegiatan BKKBN dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada masyarakat. Kedepan, warga kelurahan Cilenggang dapat diperdayakan melalui program ini, bukan sekedar acara seremonial semata. Berikan bimbingan dan penyuluhan yang dibutuhkan terkait program BKKBN ini.” ujar Lurah.

Mari kita saling mengajak khususnya warga Cilenggang, untuk mengikuti program BKKBN. Ayo kita ikuti bersama-sama program ini. Selain itu, kata Lurah, program Ibu Walikota Tangsel terkait BPJS gratis khususnya di wilayah untuk kelurahan Cilenggang sekarang sudah 99% jadi dan hanya tinggal pendistribusian saja.” ungkapnya.

Hadir di acara tersebut, Drs Budoyo mewakili Kepala BKKBN Propimsi Banten, Hj Siti Masrifah MA anggota DPR RI Komisi IX, Lurah Cilenggang Umar Dhani, para RT/RW se Kelurahan Cilenggang, Binmas Kel Cilenggang, dan lebih kurang 250 warga Cilenggang sekitarnya. (Glen/linggs)