TANAH DATAR – Mengingat pemilihan umum serentak, pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI 2019, Dewan Perwakilan Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat RI, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, dewan perwakilan rakyat daerah kabupaten, yang akan diadakan rabu(17/04/2019).

Karapatan Adat Nagari (KAN) Nagari Simawang turut mewujudkan pemilihan umum yang aman, damai dan lancar di Nagari (desa adat) simawang.

Karapatan Adat Nagari (KAN) nagari simawang mengadakan silaturahmi dalam rangka temu ramah pemilu damai 2019 di balai adat nagari simawang kecamatan rambatan kabupaten tanah datar provinsi Sumatera barat Sabtu (16/03/2019)pukul 09.00 wib.

Acara ini dihadiri oleh para dan para pemuka masyarakat,ketua karapatan adat nagari ( KAN)(SY.DT.RAJO BATUAH), wakil wali nagari, perangkat nagari simawang, kaur wali nagari simawang, Wali jorong, Ketua RKPM Nagri simawang, Ketua lembaga unsur ulama (Dt.Sati), tokoh masyarakat, wali nagari tigo koto(M.Hatta), yang mewakili pemuda dan bundo kanduang.

Dalam penyampaian kata sambutan ketua kerapatan adat nagari( kan) menghimbau seluruh masyarakat nagari simawang yang telah bisa untuk melaksanakan pemilihan umum agar segera untuk mendaftar diri ke pantarlih terdekat bagi yang belum terdaftar,agar bisa menyalurkan aspirasinya dan bagi masyarakat nagari simawang yang sudah terdaftar agar meluangkan waktunya untuk melaksanakan pemilihan umum di kpps di daerah yang terdekat.
Dan juga ketua KAN mengharapkan sama sama menjaga ketertiban dan keamanan baik menjelang pemilu maupun waktu pemilihan berlangsung Rabu(17-4-2019)
Senada dengan ketua KAN,Akmal selaku mewakili wali nagari simawang juga mengharapkan kepada masyarakat simawang jangan sampai meninggalkan hal-hal yang negatif dalam proses pesta demokrasi rakyat pada tanggal 17 April 2019.

Dalam rangka temu ramah pemilu damai ini, KAN mengundang 8 calon legislatif yang berasal dari nagari simawang. Karapatan Adat Nagari(KAN) nagari simawang juga mempersilahkan kepada 8 calon legislatif yang hadir untuk memperkenalkan diri kepada masyarakat simawang yang hadir di acara ini.

Muhammad nur Idris SH Satu satu nya Putra daerah Nagari simawang yang mencalonkan untuk DPRD provinsi juga hadir di acara silaturahmi temu ramah pemilu damai di balai adat Nagari simawang.

Idris mengimbau untuk seluruh masyarakat simawang baik yang berdomisili di daerah simawang maupun untuk masyarakat nagari simawang yang ada di perantauan agar pada Rabu 17-4-2019 mari kita luangkan waktu untuk melakukan pencoblosan di TPS agar aspirasi kita tersalurkan juga untuk mensukseskan pemilu serentak di Sumatra barat secara khusus dan Indonesia secara umum.

Diacara temu ramah ini Idris juga memperkenalkan diri kepada niniak mamak, kemanakan, Bundo kandung adik dan caleg yang berasal dari nagari simawang yang hadir di acara ini bahwasanya Idris selaku putra daerah Nagari simawang tahun 2019 maju mencalonkan diri sebagai calon legislatif DPRD provinsi Sumatera barat dari partai amanat Nasional (PAN) dengan daerah pemilihan (dapil) Sumbar VI Padang panjang- tanah datar- Sawahlunto- Sijunjung- dan damasraya .

Idris juga bertekat untuk membangun kampuang secara khusus dan dapil secara umum,maka dari hal ini Idris mohon dukungan dan doa kepada masyarakat nagari simawang yang ada di perantauan dan yang berdomisili di Nagari simawang juga masyarakat dapil Muhammad nur Idris SH.

Di ruangan yang sama, Alimuhar Sutan Tunaro mengapresiasi untuk pelaksana silaturrahmi dalam rangka temu ramah pemilu damai 2019 yang telah diselenggarakan oleh karapatan adat nagari ( kan) yang juga mengundang putra-putri daerah yang ikut mencalonkan diri sebagai calon legislatif baik kabupaten maupun provinsi.

“Saya berharap di acara pesta demokrasi rakyat ini akan meknambah calon legislatif yang mewakili simawang di kabupaten tanah datar,” imbuhnya.

Alimuhar juga memohon maaf atas belum terlaksananya seluruh aspirasi masyarakat simawang, tetapi Alimuhar akan berjuang sekuat tenaga untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat simawang, maka dari hal ini Alimuhar Sutan Tunaro mohon doa dan dukungannya untuk maju mencalonkan diri menjadi calon legislatif yang akan menjadi perwakilan nagari simawang di tingkat kabupaten tanah datar. Di akhir kata Alimuhar juga menyampaikan moto Manjapuik nan tatingga, malanjuikkan nan tabangkalai,” kata Alimuhar.

(Nico)