KABUPATEN TANGERANG – Anggota Pramuka luar biasa cacat Tuna Rungu, asal Makassar Sulawesi Selatan yakni Imbar Bachtiar menuturkan keinginannya berkeliling Indonesia dan bahkan luar negeri.

Kedatangan Anggota Pramuka Luar Biasa ini disambut langsung oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tangerang H.Dedi Sutardi SE, M.BA yang masih berada di ruang kerjanya, Kamis (4/4/2019).

Anggota Pramuka Luar Biasa itu pun sempat menunjukan daftar kunjungan ke beberapa Provinsi yang telah dikunjungi di Nusantara sejak tahun 2013 silam hingga sampai dengan sekarang tahun 2019.

Selanjutnya Imbar Bahtiar dipersilahkan oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tangerang H.Dedi Sutardi SE, M.BA untuk beristirahat dan menyantap makanan dan minuman yang telah disajikan, sambil berbincang seputar pengalaman keduanya yang sudah melakukan perjalanan untuk berkeliling Nusantara.

Sebelum melakukan kunjungan ke daerah luar pulau Sulawesi, terlebih dahulu kunjungi provinsi-provinsi yang ada di pulau Sulawesi dengan menemui beberapa pejabat seperti Kepala Pemerintahan setingkat Gubernur, Wagub, Bupati, Walikota, Kapolres, Kapolsek dan bahkan beberapa kepala dinas dan kepala Kejaksaan di beberapa wilayah yang dikunjunginya.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tangerang H.Dedi Sutardi SE, M.BA mengapresiasi atas kegigihan dan jiwa semangat Bapak Pramuka dari Makassar, meskipun tuna rungu, tak membuat dirinya malu. Ia berbicara dengan bahasa isyarat, kadang ia menulisnya  dengan secarik kertas, guna mempertegas komunikasi dengan beberapa orang yang dijumpainya.

“Meski menggunakan bahasa isyarat, komunikasi anggota Pramuka luar biasa ini berjalan dengan lancar. Dan dengan sabar, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tangerang mampu untuk memahami apa yang disampaikannya, Anggota tuna rungu datang untuk bersilaturahmi dan meminta dukungan moril, untuk mencapai Nusantara,” ucapnya.

DPRD Kabupaten Tangerang akan terus mengayomi dan mendorong orang seperti mereka agar tetap eksis dan semangat dalam berkarya, sehingga menjadi pembelajaran yang sangat positif, terutama kepada para generasi muda yang tidak memiliki kekurangan fisik seperti mereka.

“Kami selalu dekat dengan rakyat dan kita tidak melihat dari fisik atau kekurangannya. Semangatnya patut kita apresiasi dan dukung. Tentu menjadi pembelajaran dan motivasi bagi anggota Pramuka lainnya yang ada di Wilayah Kabupaten Tangerang khususnya,” ungkapnya.

Kepada Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tangerang, Anggota Pramuka tuna rungu ini memperlihatkan beberapa bukti dokumentasi dan keterangan dari beberapa kantor dan instansi yang sudah dikunjungi. Dan juga menunjukkan surat keterangan tempat yang mereka singgahi.

“Foto dokumentasi yang mereka perlihatkan, tersusun rapi dalam bentuk album, dan ada juga beberapa di handphone,” lanjutnya.

Anggota Pramuka Tuna Rungu ini juga berfoto bersama dengan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tangerang H.Dedi Sutardi SE, M.BA, tak hanya berfoto, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tangerang juga memberikan Cendramata berupa pelakat untuk kenang-kenangan Bapak Imbar Bachtiar.

“Semoga mereka dapat menyelesaikan perjalanannya dengan lancar dan aman serta tetap bersemangat membawa nama baik Pramuka di seluruh tanah air Indonesia,” pungkasnya.

(Glen)