TANGERANG KOTA – Tanamkan kebiasaan membaca Al quran sejak dini. Ini yang dilakukan pengurus Mushola Al Hidayah dengan mengadakan Lomba Tahfidzh Qu’ran Tingkat SD/SLTP Dalam Rangka Memperingati Nudzulul Qur’an Ramadhan 1440 H”,  bertempat di Mushola Al Hidayah. kompolek Perumahan Pondok Bahar, Kec Karang Tengah, Tangerang Kota, Sabtu (18/05/19).

Ketua Panitia Alwi Abdurrahman,S.Ag., mengatakan kegiatan ini bertujuan meningkatkan syiar terhadap Al Quran dalam rangkaian bulan suci ramadhan 1440 Hijriah/2019 Masehi ini. Ada beberapa krateria penilaian yang kita tetapkan, Kata Alwi menambahkan, seperti, Tajwid, Seni bacaannya marotal, Adab, yaitu cara berjalannya berikut duduknya dan terakhir sopan santunnya.

Para juri akan menilai setiap peserta, sedangkan hasilnya akan diumumkan saat malam Nuzulul Qur’an disertai penyerahan hadiah.

Lanjutnya lagi, tujuan penyelenggaraan Lomba Tahfidz Al Aquran agar anak-anak mulai tingkat PAUD, SD dan SMP hafal Alquran. Selain itu diharapkan anak-anak bisa mengamalkan pesan dan kandungan Alquran dalam kehidupan sehari-hari mereka kedepan, serta meningkatkan kesadaran dan syiar kita terhadap Al Quran yang kita cintai,” ujar Alwi.

“Dengan membiasakan membaca Alquran, anak – anak nantinya memiliki benteng yang berakhlak mulia dalam menjalani kehidupannya didunia, dengan menjaga akidah dan syariah Islam,” ujar Alwi.

“Ini adalah pondasi mereka meskipun kemajuan teknologi dan perkembangan jaman semakin canggih dengan tidak meninggalkan syariat Islam yang wajib dipertahankan,”tuturnya.

Sedangkan Sekretaris Syamsul Bahar,SE mewakili Ketua Mushola Al Hidayah Muhammad Sahlan mengatakan, lomba ini yang ke tiga kalinya dilaksanakan dan kita terus mendorong anak-anak dekat dengan Al Quran dan mengimplementasikan dalam keduniaan manusia.

Syamsul menambahkan, “Al Quran diturunkan menjadi petunjuk untuk umat manusia di dunia. Karena itu, apapun yang kita lakukan di dunia haruslah sesuai tuntunan Al Quran.Melalui lomba ini, perlu terus kita dorong bagaimana anak-anak semakin dekat dengan Al Quran sehingga anak-anak tahu cara mengimplementasikannya kedepannya, karena hasilnya akan dipetik di akherat kelak.”jelasnya.

Lomba dibagi kategori yaitu, tingkat PAUD dan SD kelas 1-3, tingkat SD kelas 4-6 dan tingkat SLTP untuk kelas 7-9 yang mengikuti lomba. Dan diacara lomba tersebut, terlihat salah satu peserta yang masih duduk di PAUD bernama Lenzo (3,5) dengan sedikit malu-malu didampingi ibunya, begitu indah menghafalkan surah At-tin dengan suara merdunya.

Hadir dilomba tersebut, Ketua Panitia Alwi Abdurrahman, S.Ag, Ketua Mushola Al Hidayah Muhammad Sahlan, Sekretaris Mushola Al Hidayah Syamsul Bahar,SE, Bendahara Endang Sudiana, Penasehat Drs. H. Tamsir. Sedangkan Dewan Hakim adalah Kaharudin Feri Ferdian, Alwi Abdurrahman, S.Ag, dan anggota Saifudin.S.Ag, Apriyadi, Ilham,SE, dan Muhammad Usman,S.Pd sebagai Mc dalam lomba serta para orang tua peserta.

(Glen/redsr)