SALATIGA – Peredaran narkoba sudah sangat mengkhawatirkan sampai kurun waktu saat ini,  pimpinan sudah mengeluarkan edaran ST terkait pencegahan dan peredaran narkoba, indonesia merupakan negara yang dijadikan obyek sasaran peredaran narkoba oleh negara luar.

“Pimpinan angkatan darat sudah mewanti wanti tentang bahaya narkoba, narkoba dapat menghancurkan mental dan karakter anak generasi muda yang sudah tercekoki dengan narkoba di lingkungan sekitar, tugas kita TNI membantu masyarakat untuk pencegahan dan peredaran narkoba, seharunya dibuat penegakan hukum yang tegas jangan setengah –tengah,”tegasnya.

Hal tersebut disampaikan oleh Mayor Kav Burhanuddin.ST disaat memberikan sambutan dihadapan 250 orang anggota TNI dan PNS Kodim 0714/Salatiga pada kegiatan Sosialisasi Pencegahan, pemberantasan, penyalah gunaan dan Peredaran gelap Narkoba(P4GN) di aula Kodim 0714/Salatiga Jalan Diponegoro No 35 Salatiga.

Sosialisasi tentang apa itu NAPZA dan Bahaya penggunaan serta pengaruh NAPZA disampaikan oleh Petugas BNK Salatiga Ibu Ani Rahayuningsih.
NAPZA adalah suatu pola perilaku di mana seseorang menggunakan obat-obatan golongan narkotika, psikotoprika, dan zat aditif yang tidak sesuai fungsinya.

Penyalahgunaan NAPZA umumnya terjadi karena adanya rasa ingin tahu yang tinggi, yang kemudian menjadi kebiasaan. Selain itu, penyalahgunaan NAPZA pada diri seseorang juga bisa dipicu oleh masalah dalam hidupnya atau berteman dengan pecandu NAPZA.

1. Depresant, yaitu mengendurkan atau mengurangi aktivitas atau kegiatan susunan syaraf pusat, sehingga dipergunakan untuk menenangkan syaraf seseorang untuk dapat tidur/istirahat.

2. Stimulant, yaitu meningkatkan keaktifan susunan syaraf pusat sehingga merangsang dan meningkatkan kemampuan fisik seseorang.

3. Halusinogen,yaitu menimbulkan perasaan-perasaan yang tidak riel atau khayalan-khayalan yang menyenangkan.

“Itulah pengaruh pengaruh yang ditimbulkan bagi seseorang yang menyalah gunakan penggunaan obat obatan terlarang, selain itu Seseorang yang sudah mengalami ketergantungan narkoba, kemungkinan besar tubuhnya akan rusak, sehingga pada ujungnya akan berdampak pada kematian” tambahnya.

Setelah kegiatan Sosialisasi dilanjutkan Tes Urine yang dilaksanakan oleh seluruh anggota Kodim 0714/Salatiga.

(Pendim0714/Glen Rls)