JAKARTA  – Wakil Walikota Jakarta Timur, Uus Kuswanto memberikan dukungan dan apresiasi dalam kegiatan keagamaan dengan menghadiri dan sekaligus membuka secara resmi acara festival Anak Pejuang Subuh (APS) dan Gerakan Anak Pejuang Subuh (APS), bertempat  di Aula Masjid Al Kautsar. Minggu (14/7/19). Adapun acara ini dikuti puluhan anak-anak usia sekolah dasar di lingkungan warga RW 8 dan RW 13 Kelurahan Jatinegara Kecamatan Cakung Jakarta Timur.

Kegiatan Festival dan Gerakan Anak Pejuang Subuh (APS) ini di gagas oleh Ir. Sidik Budiyanto selaku Ketua Panitia Festival dan Gerakan Anak Pejuang Subuh (APS) bekerjasama dengan Ketua DKM Masjid Al-Kautsar, Ustad H. Bahroni dengan tema,”Menciptakan Generasi Anak Pejuang Subuh di Masjid dan Musholah,”

Dalam Sambutannya Wakil Walikota Jakarta Timur, UUS Kuswanto menyambut baik dan memberikan apresiasi pada anak-anak di lingkungan warga RW 8 Kelurahan Jatinegara  Kecamatan Cakung Jakarta Timur ini.

“Saya terkesan melihat anak-anaknya sangat bersemangat mengikuti festival dan Gerakan Anak Pejuang Subuh ini,” ucap Wakil Walikota Jakarta Timur, Uus Kuswanto

Lebih lanjut Wakil Walikota, Uus Kuswanto juga meminta agar panitia pengerak gerakan anak-anak pejuang subuh bersinergi dengan pengurus  maupun pengerak gerakan mengaji guna menyongsong generasi muslim Indonesia yang cinta berjamaah dan menebar kebaikan. Karena anak-anak dan remaja merupakan generasi emas yang harus dibina dengan baik menuju jalan Allah SWT, agar terhindar dari kenakalan remaja tawuran bahkan kejahatan Narkoba.

“Saya perintahkan seluruh Camat dan Lurah di wilayah Jakarta Timur harus berperan aktif mengagendakan sholat subuh berjamaah dengan mengikutsertakan semua elemen masyarakat mulai dari anak-anak, remaja hingga orang tua,” ujar Wakil Walikota

Sementara itu Ir.Sidik Budiyanto selaku Ketua Panitia Festival dan Gerakan Anak Pejuang Subuh (APS) mengucapkan terima kasih atas dukungan dan apresiasinya Wakil Walikota Jakarta Timur, bapak Uus Kuswanto dalam acara festival dan Gerakan Anak Penjuang Subuh (APS) ini.

Selanjutnya Ir. Sidik Budiyanto menjelaskan bahwa gagasan gerakan anak pejuang subuh ini adalah untuk memberikan motivasi kepada anak-anak usia dini maupun para remaja khususnya dilingkungan RW 8 dan RW 13 Kelurahan Jatinegara kecamatan Cakung maupun di Lingkungan RW masing-masing di seluruh Jakarta Timur, untuk selalu mampu melaksanakan sholat subuh berjamaah di Masjid dan Musholah.

Lanjutnya  kegiatan gerakan Anak Pejuang Subuh ini sudah berjalan 2 tahun dan untuk anak pejuang subuh yang sholat berjamaah di Masjid Al Kautsar ini, setiap harinya berjumlah sekitar 60 orang mulai dari usia anak TK, SD dan MI serta SMP.  Walaupun mungkin masih ada anak-anak  yang  belum rutin sholat subuh berjamaahnya, hanya di hari Sabtu dan Minggu saja, bahkan ada yang cuma seminggu sekali,

“Namun untuk memberikan motivasi anak-anak yang rutin sholat subuh berjamaah setiap harinya, kami sebagai pengurus APS di Masjid Al-Kaustar ini, baru pertama kali yang menyediakan uang saku sebesar Rp5.000 per anak per harinya,” ungkapnya.

Sedangkan Ketua DKM Masjid Al-Kautsar, Ustad H. Bahroni menambahkan bahwa Wakil Walikota Jakarta Timur, bapak Uus Kuswanto dalam sambutannya memang tadi menegaskan agar khususnya para ketua DKM Masjid di seluruh Jakarta Timur bisa terus digerakkan lebih aktif lagi dan menurut pak Wakil Walilota juga bahwa memang semua kegiatan itu memerlukan biaya.

Lanjutnya bagaimanapun semua kegiatan itu istilah kata orang Jawa “Jer Basuki Mowo Beyo” artinya uang sebesar Rp 5000 itu hanya untuk memberikan motivasi dalam mengerakkan anak-anak dibawah umur 7 tahun yang susah bangun untuk sholat subuh berjamaah.

“Dengan kami iming-iming sebagai stimulan uang bonus Rp 5000 Alhamdulillah makin lama anak-anak yang sholat subuh berjamaah makin bertambah sampai 5 shaff dari 60 anak ditambah bapak dan Ibunya berarti dikalikan 2 sehingga total jamaahnya menjadi 185 orang jamaah,” pungkasnya

(Glen/Alam)