KOTA BEKASI –— Puncak perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang dilangsungkan dengan pengibaran Bendera Sang Merah Putih bertempat di Alun Alun Kota Bekasi berlangsung lancar. Paskibraka Kota Bekasi bersama TNI Kodim 0507 Bekasi telah berhasil mengibarkan di bumi Patriot.

Wali Kota Bekasi, Dr. Rahmat Effendi bertindak Pembina Upacara, hadir juga Wakil Wali Kota Bekasi, Dr. Tri Adhianto, Sekretaris Daerah Kota Bekasi, Reny Hendrawati, Kapolres Metro Bekasi Kota, Kom Pol Indarto, Dandim 0507 Bekasi  Letkol Inf Rama, dan unsur Forkompimda Kota Bekasi yang hadir dalam upacara Hari Kemerdekaan.

Ketua DPRD Kota Bekasi, H. Tumai membacakan naskah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yang juga di tandakan dengan sirine yang ditekan oleh Wali Kota Bekasi dan Wakil Wali Kota Bekasi untuk mengenang detik detik pembacaan naskah teks proklamasi saat dulu di bacakan oleh proklamator, Soekarno dan Mohammad Hatta.

Undangan juga dihadirkan dari unsur Organisasi Masyarakat, Karang Taruna, juga hadir mantan Wakil Wali Kota Bekasi, H. Ahmad Syaikhu. Sabtu, (17/8/ 2019).

Dalam amanatnya, Wali Kota Bekasi berterima kasih atas peran Forkompimda Kota Bekasi yang wajib mengikuti proses HUT Kemerdekaan ke 74, kenangan sejarah yang terpatri di benak kita, yang menggugah nurani anak bangsa, dan memberikan inspirasi bagi pewaris anak bangsa di masa depan, atas hakikat kemerdekaan kita nikmati saat ini.

“Buah perjuangan dan pengorbanan para pahlawab kusuma bangsa dengab menanggalkan perbedaan suku, budsya, bahasa dan agama, bersama sama menyatukan tekad untuk NKRI dengan ikrar “INDONESIA MERDEKA” ” Papar Wali Kota.

Lanjutnya, kemerdekaan ini adalah ridho dari Allah SWT, tertuang dalam pembukaan UUD 1945 dalam sebyah pernyataan Atas berkat rahmat ALLAH yang Maha Kuasa dan dengan didorong olrh keinginan luhur supaya berkehiduoan kebangsaan yang bebas, maka rakyar Indonesias menyatakan dengan ini Kemerdekaannya.

“Dari pembukaan UUD 1945 yang disampaikan, kita terapkan di Kota Bekasi agar tetap menjaga kedaulatan NKRI, berkehidupan kebangsaan yang bebas, kita kondusifkan tanpa adanya perbedaan suku, budaya, bahasa dan agama, kita menyatu dalam sebuah berkenegaraan yang berpedoman landasan ideologi Pancasila” Tegas Rahmat.

Tema yang diambil dari hari Kemerdekaan ini, yakni SDM YANG UNGGUL INDONESIA MAJU, merupakan SDM yang kompetitif dalam karakter yakni pekerja keras, jujur  kolaboratif, solutif dan kewirausahan, dan juga kompetitif dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan keterampilan. Tema tersebut perlu dijadikan inspirasi dalam kemajuan bangsa yang dioandasi dasar pancasila dan juga relevan dengan perwujudan Visi Kota Bekasi yang Cerdas, Kreatif, Maju, Sejahtera dan Ihsan.

Dalam kobaran semangat, Wali Kota Bekasi semarakan dengan nada tinggi ” NKRI HARGA MATI, NKRI HARGA MATI, NKRI HARGA MATI” di hadapan para undangan dan para peserta upacara di Alun Alun Kota Bekasi, ini menjadi bukti kita harus benar benar dalam kedaulatan NKRI dan harus menjaganya, para pejuang sudah berperang saat dahulu untuk menegakan Bendera Merah Putih di tanah Indonesia dengan perjuangan berat, dalam makna NKRI Harga Mati  kita terapkan agar tidak ada perbedaan suku, budaya, dan agama di Kota Bekasi, jelas Rahmat Effendi.

(Ndoet/Dirham)