KAJEN, INDONESIAPARLEMEN.COM – Pemkab Pekalongan kembali melakukan penyerahan bantuan sembako bagi warga yang terdapak covid19. Kali ini daerah yang mendapat bantuan adalah kelurahan Kepatihan Kecamatan Wiradesa. Penyerahan bantuan sembako diserahkan langsung oleh Bupati Pekalongan KH. Asip Kholbihi, SH.,M.Si kepada warga yang berhak menerima pada Senin (20/7/2020) siang di kantor kelurahan Kepatihan Wiradesa.

Acara penyerahan bantuan juga disaksikan Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Kesehatan, Camat Wiradesa, Kepala Desa se Kecamatan Wiradesa dan kepala Kelurahan se Kabupaten Pekalongan, Danramil, Kapolsek Wiradesa serta tokoh masyarakat.

“Pemerintah melalui berbagai program membantu warga masyarakat dengan harapan warga ikut berdoa agar kabupaten Pekalongan aman,” ujar bupati saat memberikan sambutan penyerahan bantuan.

Dalam kesempatan tersebut bupati memaparkan kaitannya perkembangan kasus covid19 di kabupaten Pekalongan. Yakni, sebelumnya oleh Bappenas Kabupaten Pekalongan ditetapkan zona hijau karena dari bulan Maret hingga Juni kasus covid19 hanya 11 orang. Sedangkan oleh pemerintah Provinsi ditetapkan sebagai daerah dengan kategori resiko rendah.

“Namun sekarang grafiknya naik seiring pergerakan masyarakat yang agak bebas sehingga saat ini ada 30 orang, dengan catatan 2 meninggal, 11 sembuh dan 12 dirawat, serta 5 sisanya isolasi mandiri,” ujar Bupati.

Selanjutnya, disampaikan pula oleh Bupati bahwa Pemkab Pekalongan akan menggalakan program ‘Jogo Tonggo’ yang diintegrasikan dengan program kampung siaga.

Bupati juga berpesan 4 hal yaitu tetap pakai masker, sering cuci tangan dengan sabun, jarak diatur, pola hidup sehat dengan menjaga gizi makanan. “Jadi ikhtiarnya lahir batin. Dengan ikhtiar lahir batin InsyaAllah kita akan sehat,” tegasnya.

Ditambahkan pula di Kecamatan Wiradesa tahun 2020 ini setidaknya ada 3 persiapan pembangunan. Pertama,pasar Wiradesa yang akan dibangun senilai 92 Milyar. Kemudian akan dibangun fly over senilai 250 Milyar, dan persiapan berdirinya Rumah Sakit Kraton II di Kauman depan pom bensin. “ Nanti juga akan kita bangun taman-taman kota setelah program 3 proyek itu selesai,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Bagian Tata Pemerintahan, Bambang Sujatmiko SH dalam laporannya menyampaikan penyelenggaraan penyerahan bantuan sembako diberikan untuk masyarakat yang terdampak covid. Adapun jenis bantuan berupa beras 10 kg, gula pasir 1kg minyak goreng 2 liter dan kecap. “

Masyarakat yang menerima bantuan ini adalah masyarakat yang terdampak covid19, yang di PHK, yang miskin, dan non PKH non DDSH, non prakerja dan non BLT,” ucap Bambang Sujatmiko .

Sedangkan jumlah kelurahan yang menerima sembako sebanyak 13 kelurahan di 5 kecamatan ( Buaran, Kedungwuni, Kajen, Wiradesa dan Sragi ) dengan jumlah total 168.201 paket.

Camat Wiradesa, Bambang Dwi Yuswanto S.IP menambahkan dalam kegiatan penyerahan bantuan sembako tersebut sekaligus dilakukan penyerahan secara simbolis alat peraga atau alat bantu untuk kegiatan jogo tonggo yang merupakan bantuan dari pemrov Jateng yang akan diserahkan kepada masing-masing kepala kelurahan.

(M.mifta khs)