NGANTANG, INDONESIAPARLEMEN.COM | Kegiatan Pertemuan serta penyerahan Lampu Perangkap Kuning kepada kelompok Petani Subur diwilayah Ngantang khususnya warga desa kaumrejo. Senin (27/7/2020) pagi.

Kegiatan pertemuan pelaksanaan Gerdal (gerakan pengendalian) hama dan penyakit Bawang merah, Danramil bersama Dinas pertanian melakukan sosialisasi masyarakat khususnya warga Desa Kaumrejo Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang Jawa Timur.

Sebanyak 60 buah Lampu Perangkap Kuning Serangga atau Perangkap Hama ditengah Sawah diserahkan kepada Petani Subur.

Kapten Arm. Heru Santoso selaku Danramil 04/ Ngantang, Koliyadi, Budi widodo, Mohamad Fikry serta Prasetyo, Supriyanto menyampaikan kepada Suroso selaku Ketua Kelompok Tani Subur. “semoga bermanfaat dan membantu untuj menanggulangi hama atau serangga yang ada di sawah dan menjaga tanaman Bawang merah,” ungkapnya. Senin (27/7/2020).

Koliyadi selaku Dinas pertanian memberikan paparan kepada masyarakat khususnya warga desa Kaumrejo serta kelompok petani subur juga membantu menanggulangi dampak serangan Serangga atau Hama dengan cara memasang perangkap Lampu kuning. “untuk menangkap serangga hama tanaman bermanfaat untuk mengurangi populasi hama jika dipasang sejak awal petani tidak menggunakan dengan insektisida,” ungkapnya.

Selain itu, Jika petani tidak menggunakan insektisida berarti tanaman tidak mengandung residu pestisida ketika siang hari kena cahaya matahari begitu malam lampu menyala dan hama pun akan mendekati lampu perangkap kuning serta ditambah kan dengan air dengan demikian tanaman Bawang merah akan lebih terjaga hasilnya,” terang Koliyadi.

Kapten Arm Heru Santoso mengucapkan terima kasih dan bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa serta masyarakat dan kelompok Tani Subur Desa Kaumrejo Kec. Ngantang Kab. Malang dan Dinas Pertanian serta jajaran dari Kabupaten Malang Jawa Timur dan Perangkat Desa Kecamatan Ngantang.

“Kegiatan pelaksanaan Gerdal Bawang Merah dengan lancar semoga kita bisa meningkatkan kualitas hasil menanam Bawang merah dan menanggulangi dampak serangan hama, terima kasih atas bantuan peralatan dari Dinas pertanian berupa Lampu perangkap kuning dan hadir melihat tempat pertanian tanaman bawang di wilayah desa kaumrejo,” terangnya.

Kedepannya, Lanjut Danramil. Bukan hanya daerah desa Kaumrejo tapi dimulai desa ngantru, Purworejo dan sekitarnya. “Sekarang ini melaksanakan tanaman bawang atau hasil lainnya, Selanjutnya dengan peralatan ini kami minta kepada petugas bertanggung jawab yang diserahkan ditingkat kecamatan agar masalah keamanan dalam perawatan dari dinas kemungkinan sudah maksimal,” tambahnya.

Daerah Ngantang berapa tahun lalu dari Menteri pertanian, Wilayah ini termasuk surplus untuk tanaman cabe, kentang dan lainnya. “Serta alat ini kami harapkan kedepannya berguna untuk hasil tanaman lainnya, dan kedepan dari tingkat kabupaten dan tingkat provinsi kami harapkan kedatangan Pak Pri sebagai Satgas hadir sebagai pengendali harga,” pungkasnya.

(Juari)