JATIM – Indonesiaparlemen.com | Pengamanan Pilkada Serentak dilakukan oleh Polri bersama TNI. Namun dalam pelaksanaan pesta demokrasi di Jawa Timur yang akan digelar untuk 19 Kabupaten dan Kota, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jatim juga siap membantu pengamanan di tingkat TPS (tempat pemungutan suara).

“Setiap TPS pasti akan dijaga juga oleh personel dari Linmas. Kami pastikan siap mem back up TNI dan Polri untuk pengamanannya,” tegas 3s Kepala Satpol PP Jatim, Budi Santosa saat dikonfirmasi, Rabu (29/7/20).

Ia menjelaskan, saat ini jumlah personel Satpol PP dan Linmas di Jatim mencapai hampir 300 ribu orang. Jumlah itu tersebar di 38 Kabupaten dan Kota di Wilayah Provinsi Jatim yang kooordinasinya di bawah Pemkab dan Pemkot setempat.

Jumlah terbanyak, kata dia, yakni di Kota Surabaya yang mencapai sekitar 9.000 personel. Dengan melihat jumlah personel yang cukup banyak, Budi yakin perbantuan pengamanan dapat dilakukan.

“Tiap TPS dijaga dua anggota Linmas. Nanti tinggal cek saja berapa total TPS nya dan berapa jumlah personel yang bisa diperbantukan. Kami pasti akan koordinasikan,” jelasnya.

Bagi Kabupaten atau Kota yang jumlah personelnya kurang, Budi memastikan bisa saja dilakukan BKO (Bantu Kendali Operasi) dari petugas Satpol PP dan Linmas dari daerah terdekat.

“Kalau ada daerah yang tidak menggelar Pilkada maka personelnya juga bisa diperbantukan untuk back up pengamanan,” pungkasnya.

(Yok/Ning)