JAKARTA, INDONESIAPARLEMEN.COM – Di Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijah 1441 H tahun 2020, Di ruang tahanan Polsek Sunda Kelapa Polres Pelabuhan Tanjung Priok terlihat sangat berbeda, terdengar suara gemuruh takbir dan rasa kesedihan para tahanan mengumandakan takbir bersama dengan anggota reskrim Polsek Sunda Kelapa.

Dengan protokol kesehatan anggota reskrim duduk bersila di depan pintu teralis beralas karpet sedang para tahanan tetap berada di ruang tahanan.

Pemandangan yang di lihat kompak saling saut menyaut takbir antara tahanan dan penyidik ini tidak ada perbedaan dalam suasana malam takbir idul Adha.

Seorang tanahan berinisial SU memimpin takbir dengan suara merdu dan haru membuat rasa kesedihan yang lainnya, begitu juga anggot polisi Sunda Kelapa dengan kusyu bertakbir bersama para tahanan itu, kamis (30/7/2020).

Menurut Kanit Reskrim AKP Ikrom Baihaki, kegiatan ini selalu kami lakukan dengan para tahanan saat di malam takbir, baik takbir Idul Fitri dan malam ini takbir Idul Adha.

Selain itu kami dengan tahanan setelah selesai pemeriksaanya, kami bina dengan religius, kami lakukan sperti pesantren kilat, dan saat bulan puasa ramadhan, kami lakukan untuk di wajibkan berpuasa, kecuali sakit,” papar Ikrom.

Dirinya menambahkan, kami memperlakukan para tahanan sudah seperti teman, karena mereka juga butuh pembinaan dan yang baik, mereka juga ada harapan untuk kembali ke masyarakat yang baik.

Walau mereka dalam status saat ini sebagai tahanan karena melakukan tindak pidana yang mereka perbuat, kami tetap secara profesional selaku petugas kepolisian, dengan melayani, mengayomi dan melindungi sambil menunggu persidangan mereka.” Pungkas Ikrom. (Nov/Red)