Daerah

LDII Sumatera Selatan; Berqurban di Tengah Pandemi, Menumbuhkan Solidaritas Terhadap Sesama

PALEMBANG, INDONESIAPARLEMEN.COM – Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) DPW Provinsi Sumatera Selatan mendistribusikan ribuan kantong daging qurban ke seluruh pengurus cabang (PC) dan pengurus anak cabang (PAC) yang ada di wilayah Provinsi Sumatera Selatan.

Plt Ketua DPW LDII Provinsi Sumatera Selatan Ir Ramang Padamulya didampingi Sekretaris Jusef Imelsa, S.T dan para pengurus DPW mengatakan, pemotongan hewan qurban dilaksanakan di masing-masing DPD LDII 15 kabuptan/kota di Provinsi Sumatera Selatan.

“Alhamdulillah hewan qurban yang dipotong untuk DPW LDII Sumsel terdiri dari 645 ekor sapi, 1 ekor kerbau, dan 292 ekor kambing”, dan sebagai informasi tambahan bahwa kalau untuk jumlah hewan kurban secara nasional LDII berkurban terdiri dari 18.315 ekor sapi, 16.845 ekor kambing dan 20 ekor kerbau, katanya kepada *Indonesia Parlemen*, Sabtu pagi (1/8).

Ramang menuturkan, berbagai kenikmatan terus Allah berikan kepada seluruh umat manusia khususnya umat muslim. Dan berqurban merupakan salah satu tanda syukur atas nikmat Allah yang diberikan kepada umat muslim.

“Pada kondisi situasi pandemi covid-19 saat ini, kita diminta melakukan muhasabah oleh Allah SWT. Karena selama ini telah banyak fasilitas ibadah yang telah Allah berikan, tapi ternyata belum sepenuhnya kita gunakan dengan sebaik baiknya”, tutur Ramang.

Lebih lanjut Ramang mengatakan, umat manusia khususnya umat muslim baru tersadar begitu terjadi beberapa pembatasan dalam praktik kehidupan sekarang ini.

“Kita belakangan ini tergagap-gagap dalam melaksanakan ibadah dengan berbagai penyesuaian karena pandemi”.

Dalam hal ini Rasulullah SAW tidak pernah meninggalkan ibadah qurban, di berbagai situasi apapun. Atas hikmah ini, LDII mengajak semua komponen masyarakat untuk terus sebisanya menyelenggarakan ibadah dengan tetap memperhatikan keselamatan dan kesehatan umat.

“Terlebih ibadah qurban, justru di tengah pandemi ini sangat diperlukan. Selain sebagai bentuk ketaatan kepada Allah, juga untuk menumbuhkan semangat solidaritas karena banyak sekali warga yang berkurang pendapatannya terdampak pandemi”, ujar Ramang lagi

Lebih lanjut sekretaris DPW LDII Sumatera Selatan Jusef Imelsa menambakan bahwa dalam pelaksanaan idul adha saat ini berbagai protokol kesehatan dipersiapkan sejak pelaksanaan takbiran , salat ied, pemotongan hewan qurban hingga proses distribusi.(nata)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close