Wisata Budaya

Inovasikan Pelestarian Budaya Ditengah Pandemi, PGRI Pekalongan launcing Paguyuban Seni Karawitan Hijau Laras

KAJEN, INDONESIAPARLEMEN.COM – Sebagai titik tolak untuk tetap melestarikan kebudayaan di tengah pandemic yang masih berlangsung, PGRI Kabupaten Pekalongan melaunching Paguyuban Seni Karawitan ‘Hijau Laras’ yang diinisiasi oleh para guru di wilayah Kecamatan Karanganyar.

Secara seremonial acara pembukaan Paguyuban Hijau Laras ini dilakukan di gedung PGRI Kabupaten Pekalongan, sore ini Senin (3/8/2020) dengan dihadiri oleh Bupati Pekalongan KH.Asip Kholbihi,SH.M.Si, Ketua PGRI Kabupaten Pekalongan Rejo Herbeno, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sumarwati, Asisten 1 Setda Toto Budi Mulyanto dan Inspektur Ali Riza.

Dalam sambutanya Bupati Asip Kholbihi mengapresiasi penuh terbentuknya paguyuban kesenian Hijau Laras, dan menurutnya paguyuban ini bisa menjadi ikon dari PGRI Kabupaten Pekalongan pada aspek pelestarian budaya.

‘’ Ini paguyuban seni Ijo Laras itu luar biasa semua dari guru-guru Karanganyar. Saya sangat mengapresasi, dan mudah-mudahan ini menjadi ikon kita. Karena ini merupakan titik tolak kita untuk cinta terhadap budaya,’’ ujarnya.

Ia juga menjelaskan bahwa paguyuban Hijau Laras ini merupakan inovasi dunia pendidikan dalam mengupayakan siswa-siswinya untuk tetap menggairahkan semangat belajar di tengah pandemic Covid-19. Dan tidak dipungkiri oleh bupati, bahwa para siswa-siswi sudah mengalami kebosanan selama belajar di rumah.

Oleh karena itu, pihaknya berharap kepada para guru yang sudah berhasil menginisiasi paguyuban hijau laras ini, untuk bisa kembali berinovasi dalam membangkitkan semangat anak didiknya dengan berbagai kreativitas supaya kegiatan belajar mengajar tetap bisa berjalan walaupun belum bisa secara tatap muka,

‘’ Monggo bapak ibu guru yang punya cara yang bisa menyentuh hati anak didik kita supaya tetap semangat belajar dengan kondisi apapun. Dan saya harap tetap dikontrol anak didiknya, supaya peran guru masih melekat pada siswa-siswi,’’ jelasnya.

Sementara itu, Ketua PGRI Kabupaten Pekalongan Rejo Herbeno mengatakan bahwa Paguyuban Hijau Laras ini merupakan inisiasi dari PGRI Kabupaten Pekalongan cabang Karanganyar yang dipimpin langsung oleh ketua cabangnya.

Selain itu, menurut Rejo PGRI Kabupaten Pekalongan juga telah menjalankan program-program kegiatan, diantaranya adalah donor darah yang bekerjasama dengan PMI Kabupaten Pekalongan ,pembagian paket sembako dan uang tunai serta akan membentuk satgas bencana alam pada bulan Agustus ini.

Oleh karena itu pihaknya sangat berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Pekalongan yang telah mendukung program PGRI untuk tetap berjalan di tengah pandemic.

‘’ Atas nama PGRI Kabupaten Pekalongan dan seluruh guru saya menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kabupaten Pekalongan yang selalu membantu dan memberikan dorongan kepada kita dalam menjalankan program,’’ paparnya.

(M.mifta)

Related Articles

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close