INDONESIAPARLEMEN.COM, KOTA PEKALONGAN – Polres Pekalongan Kota Polda Jawa Tengah melalui Subsatgas Dikmas Lantas Operasi Patuh Candi 2020 membagikan pamflet tertib berlalu lintas kepada pengguna jalan, Selasa (04/08/2020).

Pembagian pamflet tersebut dilakukan untuk memberikan edukasi dan pemahaman kepada para pengguna jalan tentang arti pentingnya menaati aturan di jalan. Selain pamflet tertib lalu lintas petugas Operasi Patuh juga membagikan lieflet atau Brosur dan Stiker cegah Covid-19 serta tertib berlalu lintas dan penggunaan masker sesuai dengan protokol kesehatan.

Kapolres Pekalongan kota AKBP Egy Andrian Suez, S.H., S.I.K., M.H. melalui Kasat Lantas AKP Sutono, S.H., M.H. mengungkapkan bahwa edukasi terus dilakukan oleh kepolisian agar masyarakat kembali tertib menaati aturan di jalan, seperti yang kita ketahui selama tiga bulan masa pandemi masyarakat seolah lupa dan terlena dengan mengabaikan keselamatan dijalan dan cenderung melakukan pelanggaran.

“Melalui Operasi Patuh Candi 2020 ini kami ingin menekan angka kecelakaan yaitu dengan mengajak peran serta warga agar disiplin dalam menaati aturan Lalu Lintas,” ucap Kasat Lantas.

Kasat Lantas berharap dengan gencarnya edukasi yang dilakukan hingga level bawah, betul betul menumbuhkan rasa peduli masyarakat untuk menyayangi nyawa mereka ketika dalam perjalanan, salah satunya adalah dengan tidak melakukan pelanggaran.

“Kita minimalkan pelanggaran, karena dari pelanggaran itulah terjadi kecelakaan lalu lintas. Jika masyarakat disiplin, maka kecelakaanpun akan berkurang,” tandas Kasat Lantas.

Untuk diketahui bahwa sasaran operasi patuh Candi 2020 kali ini adalah 40 persen kegiatan preemtif, 40 persen kegiatan preventif dan 20 persen penindakan pelanggaran.

“Penindakan kita lakukan, untuk menimbulkan efek jera, dan harapannya dapat mengurangi angka kecelakaan dengan fatalitas korban laka lantas di Kota Pekalongan,” pungkas Kasat Lantas.

Samsudin, salah satu warga Kelurahan Wiradesa Kabupaten Pekalongan, menanggapi positif pembagian masker, pamflet tertib lalu lintas tersebut dan dirinya berkomitmen untuk tertib dijalan.

“Terimakasih telah diingatkan, saya akan melaksanakan imbauan supaya selamat dalam perjalanan,” kata Samsudin.

(Firman/Humas Polres Pekalongan Kota)