JAKARTA, INDONESIAPARLEMEN.COM – Publik mengapresiasi gebrakan awal yang sudah dikerjakan oleh Kabareskrim. Penangkapan Djoko Tjandra menjadi salah satu bukti menjawab keraguan publik tentang sosok Komjen Listyo Sigit.

Ternyata sosok Komjen Listyo sigit merupakan sosok yang tepat dalam menahkodai Bareskrim. Beliau mampu menjawab keraguan publik dengan kerja nyata. Dengan profesionalisme Komjen Listyo Sigit mampu menjawab keraguan publik selama ini, adanya keberhasilan dalam penangkapan Djoko Tjandra merupakan salah satu poin meningkatkan kepercayaan publik kepada institusi Polri.

Selain itu juga, Kabareskrim yang dipimpin oleh Komjen Listyo Sigit mampu mengkonsolidasikan jajarannya agar dapat menjadi garda terdepan dalam penegakan hukum di masa pandemi Covid 19, yang salah satu tugasnya melakukan pencegahan dan pengungkapan kejahatan terhadap maraknya penimbunan bahan makanan, kejahatan siber, impor/ekspor APD dan kejahatan obat-obatan.

“Selain itu juga beliau menjadi penanggung jawab Satgas V Gakkum Aman Nusa, Penegak Hukum Selama Pandemi COVID 19, dalam rangka bagian dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Indonesia.

“Fokus utamanya yakni pencegahan, penanggulangan dan penegakan hukum,”

Selain itu, Komjen Listyo Sigit juga meminta Tim Satgas V Gakkum Operasi Aman Nusa II Polri membantu Pemerintah mengawasi pelaksanaan pemberian Bantuan sosial (Bansos) di berbagai daerah. “Tujuannya agar tidak terjadi pemotongan dana hingga tidak sampainya bansos kepada masyarakat,”

“Selain itu juga Kapolri perintahkan Kabareskrim untuk melakukan pengawasan dan pencegahan korupsi dana anggaran Covid-19 yang bersumber dari APBN,”

Tugas dari Kapolri ini merupakan amanat besar dalam menyelamatkan uang negara, Kabareskrim dengan tegas akan melakukan penindakan terhadap penyelewengan dana covid 19, intinya, Kabareskrim sanggup dan komit melaksanakan tugas yang di amanatkan kepadanya. Keberhasilan Kabareskrim dalam menyelamatkan uang negara merupakan harapan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Komjen listyo Sigit punya rekam jejak yg baik dan pengalaman di Bareskrim, jadi tentunya beliau sudah memahami dan mumpuni untuk urusan Reskrim.

Masyarakat semakin yakin bahwa kabareskrim dapat memberikan rasa adil bagi pencari keadilan dan mampu mengembalikan kepercayaan publik kepada polri.

Masyarakat juga yakin Kabareskrim Polri dapat membangun kerja sama dengan KPK antara kedua lembaga penegak hukum ini menjadi lebih baik. Publik berharap bahwa kerja sama antara KPK dengan Polri akan menjadi lebih solid lagi, terutama untuk pencegahan korupsi, semoga dapat tercapai harapan masyarakat.

Melalui tulisan ini kami berharap dapat memberikan pandangan yang objektif soal peran serta Kabareskrim dalam meningkatkan opini positif Polri di mata masyarakat.

*Azmi Hidzaqi*
LAKSI.
*Lembaga Advokasi Kajian Strategis Indonesia*