JATIM, INDONESIAPARLEMEN.COM – Memasuki minggu keempat Agustus, harga cabe rawit, cabe merah besar, maupun cabe merah keriting di berbagai pasar rakyat Jawa Timur khususnya di Surabaya mengalami fluktuatif dan cenderung turun.

Menurut data dari Siskaperbapo Disperindag Jawa Timur, harga cabe rata-rata untuk cabe rawit Rp 15.500/kg. Sementara harga cabe merah besar keriting rata-rata Rp 17.400/kg dan cabe merah besar biasa Rp 17.400/kg.

Ketua Paguyupan Petani Cabe Indonesia Jawa Timur, Suyono, saat dihubungi JNR Kominfo Jawa Timur, Senin (24/08/2020) mengatakan, memasuki musim pancaroba tanaman cabe cukup bagus, panen melimpah berdampak harga cabe cenderung turun baik pada cabe merah besar maupun cabe rawit merah dan cabe keriting.

Sementara persediaan cabe di pasar maupun di beberapa daerah sentra dan distributor cabe di Jawa Timur masih cukup tersedia. Sedangkan untuk harga cabe merah keriting, cabe merah biasa, maupun cabe rawit di sentra cabe di Pare Kediri cenderung fluktuatif turun karena pasokan dari petani cukup banyak.

Menurut data harga cabe di tingkat distributor di sentra cabe Kepung Pare dan Plosoklaten Kediri pada, Senin (24/08/2020) fluktuatif turun dengan harga, untuk cabe besar varitas gada saat ini Rp 10.000/kg dan cabe merah besar varitas imola Rp 6.500/kg serta Cabe merah besar keriting rata-rata Rp 8.000/kg.

Sedangkan harga cabe rawit merah kecil varitas pusaka kamelia rata-rata Rp 9.000/kg, cebe rawit varitas ori 212 Rp 10.000/kg, cabe rawit varitas tidar dijual dengan harga Rp 8.500 /kg dan cabe rawit serta cabe rawit varitas menu prentul Rp 8.500/kg

Harga cabe baik dipasar grosir dan pasar Surabaya sekitarnya fluktuatif cenderung stabil, diharapkan harga cabe terus stabil meskipun menjelang musim pancaroba. “Turunya harga cabe disentra cabe Kediri karena saat ini memasuki panen raya sehingga stoknya berlebihan” ujar Suyono.

YOK/NING