JAKARTA, INDONESIAPARLEMEN.COM – Polsek Ciracas Jakarta Timur dirusak sejumlah orang tak dikenal pada Sabtu (29/8/2020) sekira pukul 02.00 WIB dini hari tadi. Akibatnya, sejumlah fasilitas Gedung polsek hingga kendaraan rusak parah

Diketahui, selain aksi perusakan juga terjadi pembakaran pada sebuah mobil yang berada di area parkir Polsek Ciracas

“Area parkir polsek hingga mobil terbakar dilaporkan sekira jam 02.00 WIB pagi,” kata petugas command center kepada wartawan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menjelaskan peristiwa tersebut disebabkan dari aksi penyerangan oleh sejumlah orang tidak dikenal.

“Diketahui ada sekitar 100 orang tak dikenal melakukan penyerangan polsek ciracas,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus dalam keterangan yang diterima wartawan, Sabtu (29/8/2020).

Yusri menegaskan penyerang Polsek Ciracas dilakukan oleh sebuah kelompok berkisar ratusan orang.

“Penyerangan dan perusakan terjadi pada mobil patroli dan satu mobil Wakpolsek Ciracas. Selain mobil, kerusakan juga terjadi pada kaca gedung Polsek Ciracas,” kata Yusri menambahkan.

Yusri mengatakan, tercatat ada dua mobil yang dibakar, yakni, mobil patroli dan mobil Wakapolsek.

Ada juga perusakan mobil bus yang terparkir di Polsek Ciracas. Mobil nampak dirusak pada kaca.

“Selain itu, ada juga mobil yang dirusak kacanya,” sambungnya.

Selain itu, insiden penyerangan dan perusakan Polsek Ciracas hingga menyebabkan tiga polisi terluka. Dua di antaranya dirawat di rumah sakit.

“Korban ada 3 orang dari unsur polisi, satu terluka saat sedang melintas di sekitar TKP dua lagi dirawat di RS Bhayangkara Kramat Jati,” kata Yusri.

Menanggapi kejadian tersebut, Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman turun ke lokasi guna melakukan pengecekan kejadian.

“Iya, Pak Kapolda sama Pak Pangdam sudah mengecek langsung ke sini dan sudah menyampaikan juga ke teman-teman media,” ujarnya.

Pinta Yusri, Kapolda dan Pangdam, terkait peristiwa ini agar segera terungkap.

“Untuk mengungkap kasus ini, maka penyelidikan segera dilakukan. Hanya saja, kita sekarang melakukan olah TKP,” tuturnya.

Polisi masih mendalami motif kejadian, Kata Yusri, sedikitnya ada 100 orang tidak dikenal terlibat dalam penyerangan dan perusakan terhadap Polsek Ciracas, Jaktim.

“Sejumlah polisi tengah melakukan olah TKP. Sekarang tim masih melakukan penyelidikan untuk mengejar para pelaku,” ungkap Yusri menambahkan.

Terlepas dari itu, terdapat mobil polisi yang dibakar dan dirusak tengah dievakuasi menggunakan kendaraan derek Dishub Pemprov DKI Jakarta. Sedikitnya ada tiga mobil derek Dishub Pemprov DKI Jakarta nampak memasuki halaman Polsek Ciracas.

“Total yang dievakuasi ada tiga kendaraan rusak dan dibakar di area parkir Polsek Ciracas. Sedangkan untuk evakuasi 1 bus polisi dan 1 minibus tidak menggunakan mobil derek,” tutupnya. (Hrp/red)