BATAM, INDONESIAPARLEMEN.COM – Babinsa 04 Seraya, Koramil 01/BT, Kodim 0316/Batam, Sertu Imammuddin membantu warga korban kebakaran rumah kos yang terjadi di RT.03/RW.08 Bengkong Bengkel, Kelurahan Kampung Seraya, Kecamatan Batu Ampar, Kota Batam, Senin (31/8/20) pukul 06.00 WIB.

Babinsa menjelaskan kronologis kejadian bahwa pada pukul 06.00 WIB anak kost dari rumah kost tersebut menghidupkan listrik yang padam dari breker, setelah breker di hidupkan tiba – tiba listrik kembali padam, ketika breker dihidupkan kembali tiba – tiba langsung keluar api dan langsung membesar dari breker tersebut.

“Api cepat membesar karena adanya angin yang kencang dan bahan rumah kostan yang dominan terbuat dari kayu ataupun triplek,” ujar Sertu Imammuddin.

“Seketika itu anak kost tersebut berteriak minta tolong ke tetangga kost karena api dan asap langsung membesar, warga sekitar melihat ada yang berteriak langsung keluar rumah dan membantu memadamkan dengan menggunakan air secara manual,” lanjut Babinsa.

Pada pukul 06.30 WIB, 3 unit mobil pemadam kebakaran Pemko Batam datang untuk memadamkan api yang sudah menjalar ke rumah kost kosan yang lain dan pada pukul 07.50 WIB api dapat dipadamkan.

Adapun identitas pemilik rumah kost yang menjadi korban kebakaran antara lain Bapak Rusdi mempunyai rumah kost 2 lantai 9 kamar dengan jumlah penghuni kost 9 orang dengan rincian 3 KK 5 lajang, Bapak Komaruddin mempunyai rumah kost 2 lantai dengan jumlah 8 kamar dan jumlah penghuni 11 jiwa, Bapak Yunus mempunyai rumah kost 2 lantai 9 kamar dengan penghuni 20 jiwa dan Bapak Rahmad Haju Ketua RT (almarhum) mempunyai rumah kost 2 lantai 12 kamar dengan penghuni 19 jiwa.

Atas musibah tersebut warga mengalami kerugian 4 (empat) unit rumah kos, 3 (tiga) unit sepeda motor terbakar dengan rincian Yamaha Vixion tahun 2011 milik Bapak Muslim, Yamaha Mio Sporty tahun 2009 milik Bapak Alam dan Suzuki Satria FU tahun 2012 milik Bapak Nasrudin. Sedangkan korban jiwa tidak ada (nihil).

Hingga saat ini di area kebakaran sedang dilakukan police line oleh pihak Polsek Batu Ampar dan dilakukan pendataan terhadap warga yang sedang tertimpa musibah kebakaran oleh dinsos Tagana. (John)