JAKARTA, INDONESIAPARLEMEN.COM – Setelah melakukan 3 riset terhadap media kali ini Political and Public Policy Studies (P3S) merilis hasil survey khususnya pengamat politik yang masuk kategori Top 10 di Indonesia.

Ada sejumlah pengamat politik senior yang bertengger diposisi ke-5 di 10 besar sebut saja Prof Tjipta Lesmana adapula peneliti senior LIPI Prof Ikrar Nusa Bakti dan Peneliti Senior CSIS J Kristiadi.

Menurut peneliti P3S Alfons Kimbal, diperingkat atas masih dipegang Direktur Eksekutif Charta Politika Junarto Wijaya. Sedangkan posisi ke-2 dibuntuti Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie.

Padahal kata Kimbal, selama 3 bulan yakni Juni-Agustus Jerry juga peneliti politik Amerika ini, masih berada di peringkat pertama tapi di geser oleh Junarto.

Selanjutnya dosen FISIP Unsrat ini membeberkan sejunlah nama pengamat politik sekaligus direktur Indo Barometer M Qodari berada diposisi 3, posisi ke-4 ada Tjipta Lesmana dan filsuf Rocky Gerung berada di posisi ke-5.

“Dosen Universitas Paramadina Hendri Satrio duduk di peringkat 6,” katanya Minggu (6/9/2020).

Sementara, Peneliti Senior P3S Donald Monintja menjelaskan
metode yang digunakan P3S yakni “measurable and achieviable system” mengukur lewat jumlah statement terbanyak, searching paling banyak, disukai dan terpopuler di google.

Sebetulnya ujar dia, ada nama pengamat politik nomor satu Indonesia Effendy Ghazali tapi saat ini beliau duduk di salah satu kementerian jadi P3S tidak memasukan ke dalam “Top 10 Pengamat Politik Indonesia”.

Jerry Massie kata Donald, untuk pencarian google pada bulan Juni-Agustus menjadi terbanyak yakni 25. Selain itu dia masuk kategori analis politik, dan pakar politik internasional di posisi 1 dan digeser Direktur LSI Djayadi Hanan.

Untuk pengamat ekonomi peringkat pertama diduduki Rizal Ramli diikuti Purbaya Yudhi Sadewa dan ekonom ternama Faisal Basri.

“Untuk kategori Pemilu sebagai jawara dipegang Koordinator Perludem Titi Anggraini,” kata Donald.

Berikut “Top 10 Pengamat Politik Indonesia

1. Junarto Wijaya (Direktur Charta Politika)
2. Jerry Massie (Direktur P3S)
3. M Qodari (Direktur Indo Barometer
4. Tjipta Lesmana (Dosen UPH)
5. Rocky Gerung
6. Hendri Satrio (Peneliti Kedai Kopi)
7. Syaganda Naingolan
8. Ziti Suhro (Peneliti LIPI)
9. Ikrar Nusa Bakti (Dosen UI)
10.J Kristiadi (Peneliti Senior CSIS). (Red)