BATAM, INDONESIAPARLEMEN.COM – Danrem 033/WP Brigjen TNI Harnoto, S.Sos. mengapresiasi Pembekalan Tim Sintelad Dalam Pembinaan Komunikasi yang dilaksanakan untuk menangkal paham radikal di dalam tubuh Prajurit Korem 033/WP yang berlangsung di Olympus Ballroom Pacific Palace Hotel Lantai 9, Jodoh, Kota Batam, Rabu (9/9/20) sejak pukul 08.00 WIB.

Berdasarkan hal itu, Kasrem 033/WP Kolonel Inf Juniras Lumbantoruan, S.Sos., M.Si., mengadakan Kegiatan Pembekalan Kontra Radikal kepada Prajurit, ia membacakan sambutan Danrem 033/WP Brigjen TNI Harnoto, S.Sos. tentang bahaya radikalisme kepada seluruh prajurit di jajaran Korem 033/WP yang dilaksanakan di GSG Yonif RK 136/TS Batam, Kamis (10/9/20).

Dalam arahannya Danrem mengapresiasi kegiatan pembekalan pembinaan komunikasi yang dilaksanakan Tim Sintelad dari Jakarta dalam menangkal paham Radikal di dalam tubuh prajurit Korem 033/WP, dan satuan TNI berupaya agar personel di jajarannya tidak terpapar paham radikal, sehingga perlu diambil langkah pencegahan.

Sementara itu, Kolonel Arh Edi Setiawan dari Sintelad Jakarta, juga menjelaskan bahwa perkembangan radikalisme dalam era globalisasi ini semakin meningkat ditambah dengan berkembang pesatnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang membuat banyaknya gerakan paham radikal muncul terutama dalam media sosial.

“Hal ini merupakan peluang bagi kelompok radikal untuk melakukan perekrutan, propaganda dan aksi – aksi lainnya melalui internet,” jelasnya.

Tim Sintelad juga mengatakan sejalan dengan itu maka karena penyebaran paham radikal tidak hanya menyasar kepada masyarakat biasa, pegawai lembaga negara, bahkan juga dapat menyusup dalam diri personel TNI AD maupun keluarganya.

“Oleh karena itu pengetahuan tentang bahaya paham radikal mutlak dibutuhkan sehingga dapat menjadi penangkal bagi diri sendiri maupun keluarga,” ujar Kolonel Edi Setiawan.

Hadir dalam pembekalan pembinaan komunikasi yang dilaksanakan dalam menangkal paham Radikal ini, Kasrem 033/WP Kolonel Inf Juniras Lumbantoruan, S.Sos., M.Si., Kol Arh Edi Setiawan dari Sintelad Jakarta, Kasi Intel Kasrem 033/WP Kolonel Inf Firalta Paksana Tarigan, S.E., Danyon Yonif RK 136/TS dan Dandim 0316/Batam Letnan Kolonel Kav Sigit Dharma Wiryawan, S.H. serta para prajurit di jajaran Korem 033/WP.

(Jonrius Sinurat/Penrem 033/WP)