JAKARTA, INDONESIAPARLEMEN.COM – Kepala Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI) Drs. Heru Winarko didampingi Deputi Pencegahan, Anjan Pramuka Putra, SH., M.Hum dan Kepala Puslitdatin Drs. Agus Irianto, S.H. M.Si., M.H. menyambut kedatangan Direktur Utama PT. Angkasa Pura II Dr. Ir. Muhammad Awaludin beserta rombongan di kantor BNN RI, Cawang, Jakarta Timur.

Kunjungan tersebut dalam rangka meningkatkan kerjasama untuk penanganan permasalahan narkoba.

Sejauh ini, PT Angkasa Pura II merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang usaha pelayanan jasa kebandarudaraan di Wilayah Indonesia Barat.

Dalam hal ini BNN RI akan bekerjasama terkait posko operasi dan capacity building guna untuk meningkatkan kemampuan pegawai di lingkungan PT. Angkasa Pura II dalam mendeteksi berbagai modus penyelundupan narkoba.

“Terutama untuk pengawasan di bidang kargo supaya lebih ditingkatkan lagi, karna modus penyelundupan narkoba sering menggunakan pengiriman barang-barang aneh seperti kompresor asal Belanda, sedangkan barang kompresor bisa didapat di wilayah Jakarta Utara,” ungkap Heru Winarko dalam keterangan rilis yang diterima wartawan, Rabu 23 September 2020

Sementara itu, Dirut PT Angkasa Pura ll Muhammad Awaludin menambahkan, bahwa pihaknya telah mengoptimalkan CCTV bandara kurang lebih 2000 buah. Selain itu, supaya lebih akurat dalam pendeteksian narkoba seperti sabu cair pihaknya juga akan meningkatkan sistem X-Ray.

“Saya berharap jika ada anggota yang menemukan narkoba supaya dipermudah ketika lanjut ke proses hukum atau saat menjadi saksi di pengadilan,” kata Awaludin menambahkan.

Kepala BNN RI melanjutkan, jika ada pegawai dari PT. Angkasa Pura II yang menemukan narkoba agar menghubungi call center BNN RI.

“Bagi para anggota saya yang bertugas di bandara supaya menjaga nama baik institusi dan jangan sampai masalah kecil akhirnya bisa mengurangi reputasi BNN sendiri,” imbuhnya

Meski demikian, Winarko mengucapkan terima kasih kepada PT. Angkasa Pura II karena selama ini telah mendukung program Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) sesuai Intruksi Presiden No.2 Tahun 2020, penyebarluasan informasi P4GN, membentuk relawan anti narkoba dan melaksanakan tes urine.

Terakhir, Kepala BNN RI  mengajak Dirut PT. Angkasa Pura II beserta rombongan berkeliling kantor BNN RI melihat ruangan Sosial Media Center serta ruang Pusat Penelitian Data dan Informasi. (Herpal)