JAKARTA, INDONESIAPARLEMEN.COM  – Tga pilar Jakarta Barat terjunkan tim khusus penegak disiplin protokol kesehatan. Hal itu dilakukan sesuai dengan anjuran pemerintah sepanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ketat diberlakukan guna untuk terus memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease atau Covid-19.

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Audie S Latuheru dan Dandim 0503/JB Kolonel Infantri Dadang Ismail Marzuki dan diikuti puluhan personel meliputi dari unsur TNI-Polri, Satpol PP, serta komunitas Ojek Online

Kombes Pol Audie S Latuheru mengatakan, bahwa personel yang dilibatkan ini agar turut serta mengingatkan kepada masyarakat akan protokol kesehatan.

“Tim khusus ini untuk menegaskan kepada masyarakat supaya terus mentaati peraturan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah selama PSBB ketat,” ucap Audie di Polres Metro Jakarta Barat, Rabu 23 September 2020.

Menurutnya, dengan melibatkan komunitas ojek online yang memiliki anggota cukup banyak dan tersebar di mana-mana, maka penagakan disiplin protokol kesehatan terhadap masyarakat akan lebih efektif.

“Indonesia saat ini menyatakan perang melawan virus corona, maka dengan memberikan edukasi kepada masyarakat serta merangkul komunitas ojol ini sehingga satu sama lain dari mereka bisa saling mengingatkan. Dengan begitu, upaya penegakan disiplin protokol kesehatan dapat berjalan sesuai harapan,” tambahnya.

Audie menjelaskan, mekanisme penegakan tersebut dilaksanakan secara patroli Mobile dalam waktu 1×24 jam dan dibagi dua kegiatan yaitu secara mobile dan stasioner.

Untuk di wilayah Jakarta Barat sendiri, kata dia, ada 25 titik stasioner yang akan dijaga sampai tengah malam.

“Satuan petugas penanganan Covid-19 nantinya secara mobile dimana satgas tersebut akan bergerak secara mobile seperti memantau perkembangan dan informasi dari masyarakat jika terdapat kerumunan orang atau para pelanggar protokol kesehatan,” tutupnya. (Herpal)