TANJUNGPINANG, INDONESIAPARLEMEN.COM – Ketua Koordinator Cabang IV Daerah Jalasenastri Armada I (Ketua Korcab IV DJA I) Ny. Helena Indarto Budiarto bersama pengurus Korcab IV DJA I mengikuti secara virtual Peringatan Hari Batik Nasional yang berlangsung di Kantor Korcab IV DJA I Markas Komandao Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Mako Lantamal IV) Jl. Yos Sudarso No.1 Batu Hitam Tanjungpinang Kepulauan Riau, Jumat pagi (2/10/20).

Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober 2020 tersebut dirangkai kegiatan seni budaya dengan mengangkat sebuah topik “Berlatih Membatik Secara Virtual Bersama Dharma Pertiwi”.

Hal itu disampaikan oleh Kadispen Lantamal IV Mayor Marinir Saul Jamlaay dalam siaran persnya.

Pada kesempatan tersebut para peserta virtual mengikuti kegiatan membatik yang dipandu langsung oleh Ketua Umum Pusat Dharma Pertiwi Ny. Nanny Hadi Tjahjanto dengan tetap mengikuti Protokol Kesehatan ditengah pandemi Covid – 19.

Usai kegiatan tersebut Ketua Korcab IV DJA I mengatakan bahwa “Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan wawasan serta meningkatkan keterampilan bagi ibu – ibu Jalasenastri Korcab IV DJA I dalam hal membatik,” pungkasnya.

Ketua Korcab IV DJA I menambahkan, “Mengingat batik Indonesia telah ditetapkan sebagai daftar Intangible Cultural Heritage (ICH) atau Warisan Budaya Takbenda (WBTb) oleh Lembaga Internasional pada sidang UNESCO di Abu Dhabi, 11 tahun yang lalu tepatnya tanggal 2 Oktober 2009, sudah sewajarnya kita lestarikan dan kita budayakan berpakaian batik,” tutup Ketua Korcab IV DJA I.

(Jonrius Sinurat / Dispen Lantamal IV)