Megapolitan

Berkah Tani dan Lancar Makmur, Sukses Membangun Irigasi Lewat P3A

PEKALONGAN, INDONESIAPARLEMEN.COM – Perkumpulan petani pemakai air (P3A) adalah suatu wadah organisasi bagi petani yang sudah berbadan hukum. Dalam membangun irigasi dan peningkatan saluran irigasi, persawahan di desa. Seperti kelompok tani lancar makmur desa Logandeng, dan berkah tani desa karang Dadap kecamatan Karang Dadap kabupaten Pekalongan, perlu dan patut menjadi contoh dalam pembangunan irigasi dan sukses. Sabtu (03/10/2020).

Kusnoto selaku Kades Logandengmenuturkan ,Bahwa kelompok lancar makmur tahun ini mendapat program P3A dari kementerian PU PR yang senilai Rp 195 juta, dan masih dalam pengerjaan, kurang lebih 70% kondisi pekerjaan nya.

Dalam program tersebut, masyarakat di libatkan melalui pembangunan irigasi kecil, dengan melibatkan langsung perkumpulan petani pemakai air (P3A).

Tujuannya untuk menumbuhkan partisipasi petani, dalam prebaikan dan peningkatan jaringan irigasi, berdasarkan kebutuhan masyarakat petani. Program ini di maksudkan, untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam meningkatkan jaringan irigasi sesuai dengan prinsip kemandirian untuk mengembalikan kondisi dan fungsi saluran serta pembangunan irigasi.”pungkasnya.

Nidhom selaku ketua Berkah Tani Karang Dadap, di hadapan awak media menuturkan pihaknya berusaha semaksimal mungkin dalam melaksanakan pembangunan irigasi air di karenakan irigasi desa karang Dadap sangatlah penting bagi para petani dan salah satu kunci utama yang mendukung peningkatan produksi pangan.

Dengan terjaminnya penyediaan irigasi air nantinya bisa mendongkrak perekonomian masyarakat petani,”pungkasnya.
(Miftah)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close