PEKALONGAN, INDONESIAPARLEMEN.COM – Pembangunan di tengah pademi Covid – 19 saat ini harus terus berjalan tak terkecuali pembangunan infrasturtur desa yang anggarannya bersumber dari Dana Desa (DD) melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) di mana manfaat pembangunan dari anggaran dana desa selain tersedianya infrastruktur pedesaan juga tersedianya lapangan pekerjaan bagi warga masyarakat desa setempat.

Seperti pembangunan di desa Kwigaran kecamatan Kesesi kabupaten Pekalongan, dimana melalui anggaran dana desa 2020, pemerintah desa Kwigaran melaksanakan pembangunan track joging lapangan sepak bola dan Pengaspalan sensit di jalan desa untuk penghubung antara desa. Senin 19/10/2020.

Slamet Untung selaku kepala desa Kwigaran dihadapan awak media menuturkan,”Allhamdulillah untuk desa Kwigaran dalam proses pembangunan sudah banyak perubahan dan sudah banyak terealisasi oleh pemerintah desa secara baik dan sukses.

Salah satunya dalam bentuk pembangunan joging track lapangan dan pengaspalan jalan desa serta nantinya di dekat lapangan akan di buat taman bermain seperti taman teletabis dan tempat pemancingan, sebagai bentuk BUMDES dari desa Kwigaran sendiri. Di harapkan kepada pihak pemerintah desa harus utamakan skala prioritas usulan – usulan yang menjadi perhatian khusus apa lagi di saat masa pandemi seprti ini.

Dan untuk pemberdayaan di harapkan kepada pemerintah desa Kwigaran guna menciptakan lapangan kerja dan menciptakn Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang di kelola langsung oleh masyarakat desa.

Desa juga harus bisa menggali potensi desa, yang dapat di kembangkan guna meningkatkan perekonomian kemasyarakatan, supaya menjadi desa yang maju,”pungkas kades Slamet Untung.
(Miftah)