PEKALONGAN, INDONESIAPARLEMEN.COM – Jajaran Humas Polri Nusantara memeringati hari jadi Humas Polri Ke-69 yang jatuh tepat pada hari Jum’at (30/10/2020). Terkait hal itu, pagi tadi Kapolres Pekalongan AKBP Darno, S.H., S.I.K., mengucapkan selamat hari ulang tahun ke-69 Humas Polri tahun 2020, semoga Humas Polri mampu menjadi sumber informasi yang cepat, mudah diakses objektif , terpercaya serta selalu partisipasi dalam setiap momentum, guna mendukung kamtibmas yang aman dan kondusif.

Kapolres Pekalongan AKBP Darno menegaskan, peran Humas Kepolisan Republik Indonesia (Polri) sangat strategis, karena sumber informasi Kepolisian berada di Humas Polri. Peran penting Humas semakin vital semenjak adanya perkembangan media sosial dan peningkatan kejahatan cyber crime.

“Humas Polri mempunyai posisi strategis untuk mendekatkan Polisi dengan masyarakat. Melalui Humas, Polri dapat memberikan penerangan dan informasi kepada masyarakat tentang kebijakan, pelaksanaan tugas dan kinerja Polri Sehingga, dapat tercipta citra dan opini publik yang positif terhadap Polri,” ujar AKBP Darno.

Lebih lanjut orang nomor satu di Polres Pekalongan itu mengatakan, keberadaan Humas Polri sangat penting dalam rangka menopang kinerja Polisi saat berinteraksi dengan masyarakat. Karenanya, ia akan serius memperhatikan keberadaan Humas guna membangun image positif di masyarakat.

“Kunci utama keberhasilan Humas adalah adanya kepercayaan dari publik. Kepercayaan tersebut akan dapat diraih jika lembaga yang bersangkutan memiliki citra yang baik di masyarakat. Disinilah salah satu fungsi utama Humas Polri untuk membangun citra positif lembaganya,” kata Kapolres AKBP Darno.

Ditempat terpisah, Kasubbag Humas AKP Akrom menyampaikan bahwa, sebagai garda terdepan dalam penyampaian informasi, kami terus berbenah, menyiapkan SDM yang handal termasuk kecepatan dalam memberikan informasi yang akurat, terpecaya dan transparan kepada masyarakat.

“Tantangan Humas sekarang berat sekali. Kita lambat sedikit saja bisa jadi masalah dan data tidak akurat juga bisa jadi masalah,” ungkap Kasubbag Humas AKP Akrom.
(Miftah)