Daerah

DPD APDESI Prov Jawa Barat Adakan Saba Desa Tanpa Wagub dan Bupati

BEKASI, INDONESIAPARLEMEN.COM – Assosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia( APDESI) DPD Prov Jawa Barat melakukan kegiatan dengan Tema ” Saba Desa” di Wilayah Kab Bekasi pada Sabtu, 31 Oktober 2020 di Gedung PGRI Lapangan Kobra Desa Tambun Kec Tambun Selatan Kab Bekas.

Acara yang dijadwalkan dihadiri Wakil Gubernur H.UU Ruzhanul Ulum SE dan Bupati Bekasi H.Eka Supria Atmaja berhalangan hadir karena ada acara lain dan sedikit tidak tepat waktu dimulai jam 14.00 WIB .

Kiprah APDESI DPC Kab Bekasi harus diapresiasi dalam Kepemimpinan H. Agus Sofyan SE dan diharapkan lebih maju lagi diperiode berikutnya yang belum melakukan pemilihan pengurus.

Salah satu kegiatan yaitu Saba Desa dengan topik Ngurus, Lembur, Nata Desa agar program untuk kemajuan desa dapat terlaksana melalui kinerja perangkat desa yang terus digiatkan oleh Pengurus Apdesi Prov Jawa Barat yang diketuai oleh Dede Kusdinar.

Ketua Panitia Saba Desa APDESI DPC Kab Bekasi Lim alias Lurah Pitung mengatakan diselenggarakannya acara Saba Desa ini oleh APDESI Kabupaten Bekasi adalah acara yang lazim di dilaksanakan di Jawa Barat yang selalu di rolling di setiap
Kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Barat yang dihadiri Wakil Gubernur bertujuan untuk menyapa desa sekaligus acara sharing berdiskusi tentang persoalan pengembangan desa dan bahkan persoalan hukum yang menimpa para perangkat desa agar menyatukan langkah demi menemukan solusinya yang dibantu oleh para penasehat hukum yang bekerja sama dengan APDESI DPC Kab Bekasi yang saat ini di tangani oleh Yayasan Lembaga Hukum Pedampingan Desa.

Baca Juga :  Lagi Asik Paketin Sabu, Mahrup Digerebek Polisi

Sementara itu Sekjen APDESI DPC Kab Bekasi, yang juga Kepala Desa Tambun, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jaut Sarja Winata mengatakan kegiatan Saba Desa bertujuan untuk semakin mempererat tali silaturahmi para Kepala Desa dan mendiskusikan berbagai hal yang ada di desa masing masing, termasuk persoalan hukum yang menimpa rekan rekan Kepala Desa. ” Ada tim advokasi hukum kita, ujar Jaut dengan tegas.

Baca Juga :  Kampung Tangguh Nusantara Rohil Wujudkan Program Ketahanan Pangan

Kepala Desa Suka Daya,
Kecamatan Sukawangi, Sartija mengatakan acara tersebut sangat baik sebab memberi pencerahan dan akan ada bantuan hukum untuk desa, bila ada Kepala Desa yang tersangkut hukum imbuhnya. Perwakikan Pemkab Bekasi Kepala Dinas BMPD Ida mengatakan acara Saba Desa ini bertujuan untuk menyatukan langkah, sekaligus membicarakan tentang pemilihan Ketua APDESI Bekasi yang baru untuk penyegaran periodenisasi yang sekarang. Saya sudah bilang silahkan adakan pemilihan yang demokratis dan siapa yang pantas dipilih.

“Pemilihannya juga usahakan dengan sistem perwakilan dari tiap kecamatan, misalnya tiga kepala desa perkecamatan
mewakili. Tidak musti dikumpul semua dari 180 desa yang ada di Kabupaten, Bekasi, ” ujar Kadis BMPD.

Acara diakhiri dengan photo bersama yang dilanjutkan dengan pertandingan sepakbola persahabatan antara Apdesi Prov Jawa Barat dan Apdesi Kab Bekasi ditengah tengah cuaca gerimis sekitar pukul 16.00 WIB.

(Patupa Pakpahan)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button