DaerahNEWS

Bumdes Jenggolo Manik Jaya Desa Brondong Resmi Terbentuk

PEKALONGAN, INDONESIAPARLEMEN.COM – Desa Brondong Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan. Pembentukan pengurus BUMDES tempo lalu diaula Balai Desa berjalan sesuai rencana, dimana dalam acara tersebut telah mendapatkan kesepakatan bersama menentukan siapa saja yang jadi  pengurus kepanitiaan.

Dalam kesempatan itu hadir pula tamu undangan dari kecamatan  pendamping desanya PD, LPMD, PKK, Tokoh Masyarakat dan perwakilan warga. Selasa (1/12/2020).

Kepanitiaan BUMDES yang sudah ternentuk menurut keterangan Kepala Desa (Sunoto) sebagai berikut :untuk ketua di jabat oleh Tarto, wakil ketua Untung Prasetyo, sekertaris Nurani, bangunan admin Dwi Eka Wicaksono, dan untuk anggota Nurohim, dan Herni.

Dalam kesempatan itu kepala desa mengatakan bahwasanya  terbentuknya kepanitiaan BUMDES tak lain dari keseriusan semua komponen masyarakat dalam turut serta mendukung program pemerintah.

“Dimana setiap desa di upayakan adanya BUMDES, guna menunjang pendapatan desa yang lebih baik.Dan bisa terus aktif dalam pengelolaan potensi desa, sehingga terciptanya progres cerah dikemudian hari,” ujar Kades, Selasa, (1/12/2020)

Kepala desa menerangkan alasan BUMDES di bentuk, itu semua untuk kepengurusan terkait masalah pemasangan saluran air dari Pamsimas Desa ke setiap rumah warga agar bisa terpantau volume perkubik berapa setiap warga dalam menggunakan air, jadi per rumah telah terpasang meteran kran air.

Ada 116 tumah yang sudah terpasang meteran dan 32  rumah belum terpasang  menunggu anggaran lagi, nantinya kalau semua sudah terpasang meteran untuk penarikan restribusi di agendakan satu bulan sekali dan berapa biaya yang  di tanggung warga tergantung pemakaian masing masing pengguna.

Disisi lain Kepala Desa berharap agar di permudahkan terkait  perijinan Argo Wisata Alam dengan memanfaatkan sumber daya alam berupa, sarana wisata suangai dan bendungan.

Desa Brondong yang kini mulai banyak di nikmati pengunjung juga wisatawan luar daerah, pemandangan yang elok nan asri jadi daya tarik tersendiri dimana sepanjang mata memandang dimanjakan dengan aliran air gemercik di balut desiran angin.

Disisi lain Kepala Desa (Kades) mengatakan, “Dsa Brondong punya sumber mata air yang cukup berlimpah. Warga sangat bersyukur yang dimana walau pada musim kemarau berkepanjangan warga tidak pernah kehabisan stok air dari sumber mata air Desa Brondong terletak di perbatasan dengan desa tetangga,” ujar Kades.

Dengan demikian Desa Brondong akan jadi ikon yang bisa dibanggakan sebagai Argro Wisata Air yang di perhitungan dalam taraf Nasional.

Kepala desa sangat berharap kepada seluruh komponenen elemen masyarakat yang tanpa terkecuali untuk bersama membangun desa baik dari ekonomi, sosial budaya, dan menciptakan terobosan trobosan baru demi kemajuan desa di segala bidang.

Dalam segi pertanian, pemerintah desa yang selalu giat dalam  menciptakan swasembada pangan apapun caranya itu. Dengan berbekal  cara cocok tanam yang sudah di dapat , baik dari  dinas terkait ataupun secara mandiri pun gencar warga galakan tentunya semua itu perlu di dukung dengan prasarana infrastruktur.

Penulis : Miftah

Editor    : Noval

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close