BATAM, INDONESIAPARLEMEN.COM – Dampak Pandemi Covid-19 kiranya tidak hanya berdampak pada sektor ekonomi dan industri saja, namun juga sangat dirasakan oleh masyarakat dari berbagai lapisan.

Mulai dari banyaknya perusahaan yang memilih tutup dan merumahkan hingga melakukan PHK karyawannya, alhasil tidak berkembangnya perekonomian masyarakat.

Hal itu juga dikeluhkan oleh Sopan, salah seorang warga yang berdomisili di RT.03/RW.02, Tanjung Sari, Desa Lubuk, Kecamatan Kundur, Kabupaten Karimun saat bertemu secara langsung dengan Calon Gubernur (Cagub) Kepri Nomor urut 1 Dr. H. M. Soerya Respationo, S.H., M.H. disela-sela kunjungan sosialisasi di Kabupaten Karimun, Selasa (1/12/20) kemarin.

Menurutnya, Pandemi Covid-19 ini membuat banyak dari anak-anak lulusan Universitas maupun perguruan tinggi yang tidak mendapatkan kesempatan untuk bekerja alias menganggur.

Untuk itu, perlu adanya solusi jitu yang bisa dilakukan oleh Pemerintah Daerah, untuk mengakomodir serta mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas tersebut.

“Kami berharap adanya solusi jitu dalam mengakomodir dan memanfaatkan SDM berkualitas tersebut, khususnya di masa Pandemi Covid-19 ini. Sudah banyak juga saya temui para pejabat dan menyatakan ini. Tapi kenyataannya tak ada,” terangnya.

Menanggapi hal tersebut, Soerya Respationo menegaskan bahwa pihaknya akan berkomitmen untuk membawa amanah yang disampaikan (keluhan) warga jika nanti terpilih menjadi Kepala Daerah di Provinsi Kepri.

“Pemimpin jangan berjanji jika hanya akan membohongi rakyat,” terangnya.

Bahkan Soerya sempat mengutip ayat dalam Al-Qur’an tentang manusia munafik yang tidak sesuai antara kata dengan perbuatannya.

“Kalau duduk jadi Gubernur hasil membohongi rakyat, duduknya nggak enak, kursinya panas. Dan jika dipercaya nanti, kami akan menggali potensi daerah dan optimalkan PAD yang menghasilkan pendapatan,” tutur Soerya Respationo.

Dan jika dirinya diamanahkan sebagai Gubernur – Wakil Kepri, langkah pertama yang akan dilakukannya adalah mengelontorkan pinjaman lunak jangka panjang tanpa bunga untuk masyarakat yang membutuhkan. Khususnya untuk pelaku UMKM.

“Terkait pemodalan ini, tentunya hal ini perlu dicarikan solusinya. Yakni pemberian peminjaman lunak jangka panjang tanpa bunga. Dan pinjaman ini harus diberikan untuk sektor perekonomian sehingga mereka tetap bisa berkembang kembali,” terangnya.

Ditempat terpisah, salah satu warga Batu Aji Mustafiq mengatakan, mereka sangat sangat mendukung Pasangan Calon (Paslon) DR. H. M Soerya Respationo, S.H., M.H. dan Iman Sutiawan, S.E., M.M. untuk menjadi Gubernur Kepri dan Wakil Gubernur Kepri.

“Saya dan warga lainnya berkomitmen untuk memenangkan Paslon Bapak Soerya Respationo dan Bapak Iman Sutiawan,” kata Mustafiq kepada awak media ini, Rabu (2/12/20).

Menurut Mustafiq, kinerja Soerya Respationo tidak diragukan lagi dari ia menjabat dari Anggota DPRD Kota Batam hingga menjabat Wakil Gubernur Kepri.

“Bagi saya pak Soerya the Best, saya tidak akan memilih yang lain. Saya tetap memilih pak Soerya, Karena kerjanya nyata,” tutup Mustafiq. (HB)

Editor : John