JAKARTA, INDONESIAPARLEMEN.COM – Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Pusat mengadakan kegiatan Inisiatif Keluarga Ringkas Aksara (IKRA). Kegiatan ini berkolaborasi dengan TP PKK Kelurahan dimasa pandemi covid-19.

Ka.Sudin Pusip Jakarta Pusat, Meti Lastri mengatakan, dalam rangka meningkatkan pemanfaatan koleksi perpustakaan dan minat baca masyarakat di masa pandemi, pihaknya berkolaborasi dengan TP PKK di beberapa kelurahan wilayah Jakpus mengadakan kegiatan Inisiatif Keluarga Ringkas Aksara (Ikra).

“Kita berkolaborasi dengan PKK Kelurahan mengadakan kegiatan IKRA, dan kegiatan sudah berlangsung sejak 23 November lalu dan akan berakhir 11 Desember 2020,” Jelas Meti Lastri saat dikonfirmasi, Rabu (2/12/2020).

Kegiatan ini salah satu alternatif di masa pandemi dan sangat positif bagi masyarakat serta memudahkan mengakses buku sehingga dapat meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap pengetahuan dan literasi di lingkup keluarga dengan membaca beragam koleksi perpustakaan tanpa harus datang ke perpustakaan.

“Pihaknya telah menyerahkan buku sebanyak 100 eksemplar kepada masing-masing PKK Kelurahan, nantinya buku tersebut di salurkan kepada masyarakat. Setiap satu kepala keluarga mendapat satu buku cerita atau buku pengetahuan. Untuk kwartal empat ini, dilaksanakan di Kelurahan Mangga Dua Selatan, Galur dan Kelurahan Sawa Besar,” jelasnya.

Dalam kegiatan ini nantinya masyarakat menuangkan dalam bentuk ringkasan, yang akan didokumentasikan oleh kader PKK Kelurahan yang ditunjuk. Dan bagi mereka yang membuat ringkasan baik dan bagus akan diberikan penghargaan, janjinya.

“Kegiatan ini juga digelar di lima wilayah kota. Diharapkan kegiatan produktif di tengah masa pandemi covid-19 ini dapat memfasilitasi kebutuhan informasi masyarakat tanpa harus keluar rumah,” tandasnya. (Rai/Day)