Kota Medan, INDONESIAPARLEMEN.COM -Musyawarah Daerah (Musda) ke IX Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Sumatera Utara, secara resmi menetapkan Dr.H. Maratua Simanjuntak sebagai Ketua Umum, Sekretaris Dr H Asren Nasution dan Bendahara Drs H Sotar Nasution MHB, pada Periode 2020 – 2025.

Keputusan berita acara tersebut dibacakan oleh Sekretaris Formatur Musda MUI Sumut Dr H Ardiansyah MA sesuai hasil rapat 13 Tim Formatur yang diketuai Prof Dr HM Hatta, Minggu (20/12/2020), di Ball Room Hotel Santika Dyandra, Kota Medan.

Ketua Dewan Pertimbangan Prof.Dr.H. Abdullah Syah, MA, wakil ketua Prof.Dr.HM.Yasir Nasution MA, H.Edi Rahmayadi (Gubernur Sumut), H.Musa Rajekshah (Wakil Gubernur Sumut), Dr.H. Maslin Batubara, Prof.Dr. H.Syahrin Harahap, Dr.H. Dedi Iskandar Batubara SSos, Drs. HA. Muin Isma Nasution, H.Musa Idishah.

Ardiansyah turut membacakan nama-nama Pengurus Harian yakni, Ketua Umum Dr H Maratua Simanjuntak, Wakil Ketua Dr H Asro SH MAg, Prof Dr Asmuni MA, Dr H Ardiansyah MA yang dilengkapi dengan beberapa komisi diisi pengurus yang memiliki dedikasi tinggi.

Dr.H.Maratua Simanjuntak menyampaikan, terpilihnya dirinya sebagai Ketua Umum MUI Prov. Sumut merupakan estafet kepemimpinan Ketua umum sebelumnya dan meminta perhatian penuh dari Dewan Pertimbangan dalam menjalankan organisasi itu.

Tegur saya jika dalam melaksanakan tugas yang saya emban tidak sesuai Juknis, saya berharap kepimpinan ini dapat meningkatkan capaian prestasi yang telah diraih MUI Sumut sebelumnya,”kata, Dr. H. Maratua Simanjuntak.

Sementara, Ketua Dewan Pertimbangan MUI Sumut Prof Dr H Abdullah Syah, MA menyampaikan terima kasih atas lancarnya pelaksanaan Musda dan saya mohon maaf pengurus MUI Sumut yang lama atas belum terpenuhinya semua program dan kunjungan karena Pandemi Virus Coeona atau Covid -19.

Saya mohon maaf pada masyarakat karena banyaknya kunjungan yang dibatalkan, karena adanya Pandemi Covid -19 saat ini, semoga pengurus yang baru dapat melanjutkan program kerja dan kunjungan yang tertunda,”ungkap, mantan Ketua MUI Prov. Sumut itu.

Sebelumnnya, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Badan Koordinasi Muballigh Indonesia (DPW Bakomubin) Provinsi Sumatera Utara H.Ardiansyah Saragih, SH, MH, kepada wartawan Indonesiaparlemen.com menyampaikan, selamat atas terpilihnya Dr. H. Maratua Simanjuntak sebagai Ketua MUI Sumut.

Ia berharap kedepan segala capaian prestasi yang telah diraih semasa kepemimpinan Ketua Umum MUI Sumut sebelumnya yaitu Prof Dr H Abdullah Syah, MA akan dapat ditingkatkan oleh Dr. H. Maratua Simanjuntak.

Pengalaman Prof Dr H Abdullah Syah, MA yang kini di amanahkan sebagai Ketua Dewan Pertimbangan MUI Sumut akan membantu Dr.H.Maratua Simanjuntak untuk membawa MUI Sumut menjadi lebih baik kedepannya,harap, H. Ardiansyah Saragih, SH, MH.

(Surya Damanik)