Gereja Pentakosta Indonesia (GPI) Batu Aji persiapan ibadah Natal (foto : Ketua IPMB)

BATAM, INDONESIAPARLEMEN.COM – Dalam rangka menyambut perayaan Hari Natal tahun 2020, Kementerian Agama mengeluarkan Surat Edaran tentang Panduan Penyelenggaraan Kegiatan Ibadah dan Perayaan Natal di Masa Pandemi Covid-19.

Sesuai dengan Surat Edaran yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama ber nomor : SE. 23 Tahun 2020 yang ditetapkan tertanggal 30 November 2020 bahwa kesehatan dan keselamatan seluruh warga negara Indonesia merupakan prioritas utama yang wajib dipertimbangkan dalam menetapkan kebijakan penyelenggaraan kegiatan ibadah dan perayaan Natal di masa pandemi Covid-19.

Menanggapi hal itu, Ikatan Pendeta Menetap Batam (IPMB) menghimbau kepada seluruh umat Kristiani yang ada di Kota Batam agar tetap mengedepankan Protokol Kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak (Physical Distancing), mencuci tangan dengan menggunakan air mengalir dan sabun maupun hand sanitizer.

Pdt. Fresly Sihombing selaku Ketua IPMB mengatakan bahwa dalam menjalankan ibadah di tengah Pandemi Covid-19 ini memang sedikit berbeda dengan tahun tahun sebelumnya.

“Mengingat Pandemi Covid-19 yang masih kita hadapi bersama dan demi menjaga kesehatan diri dan membantu memutus mata rantai penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19), maka dalam menjalankan ibadah Natal kali ini kita harus melaksanakan ibadah dengan sedikit berbeda dari tahun tahun sebelumnya,” pungkas Pdt. Fresly Sihombing kepada awak media ini saat ditemui di Kenji Kopitiam, Mitra Raya, Batam Centernya, Selasa pagi (22/12/20).

“Mari kita saling mengingatkan kepada saudara kita yang sedang melaksanakan ibadah Natal nanti agar tetap menjalankan Protokol Kesehatan sesuai himbauan Pemerintah, dan mari kita sama sama membawa dalam Doa agar wabah ini segera berlalu, sehingga kita dapat melaksanakan aktivitas sehari – hari kembali normal seperti sebelumnya,” lanjut Ketua IPMB.

Melalui Pdt. Fresly Sihombing yang juga sebagai Pendeta di Gereja Pentakosta Indonesia (GPI) Batu Aji, IPMB juga berharap agar saat pelaksanaan ibadah Malam Tahun Baru nanti himbauan itu tetap dijalankan.

“Demikian juga untuk pelaksanaan ibadah Malam Tahun Baru dan Tahun Baru nanti, kita tetap menjalankan Protokol Kesehatan, dan kita juga menghimbau kepada Gereja Gereja yang ada di Kota Batam agar tetap mengatur jarak kursi atau tempat duduk umat, mempersiapkan air cuci tangan dan sabun atau hand sanitizer, dan menyemprot tempat ibadah dengan cairan disinfektan sebelum pelaksanaan ibadah,” ucap Pdt. Fresly Sihombing selaku Pengurus GPI Wilayah Kepri itu.

“Mari kita tetap jaga hidup sehat, aman, damai dan berdampak positif bagi setiap orang dan lingkungan,” tutup Ketua IPMB. (Jonrius Sinurat)

Sumber foto : Ketua IPMB