JAKARTA, INDONESIAPARLEMEN.COM – Sandiaga Uno ditunjuk menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) . Posisi yang sebelumnya diisi okeh Whisnutama Kusubandio ini dipercayakan kepada Sandiaga Uno.

Hal ini disampaikan dalam konferensi pers dengan didampingi Wapres Ma’ruf Amin di Istana, Selasa (22/12/2020). “Beliau adalah dulu wakil gubernur DKI Jakarta, ketua HIPMI dan saat ini beliau akan kita berikan tanggung jawab untuk pimpin Kemenpar,” ujar Jokowi.

Sebelumnya diketahui Sandiaga adalah rival Jokowi dalam Pilpres 2019 lalu. Ia menjadi Calon Wakil Presiden dari Prabowo Subianto. Sebutan Cebong untuk pendukung Jokowi.  Sedangkan sebutan Kampret untuk para pendukung Prabowo. Kini Prabowo menjabat sebagai menteri Pertahanan di Kabinet Indonesia Maju. Kini disusul Sandiaga yang ikut masuk dalam bursa kabinet Jokowi.

Momen penunjukkan Sandiaga ini tentu disambut baik oleh netijen. Banyak yang mengucapkan selamat atas masuknya Sandiaga Uno ke dalam Kabinet Indonesia Maju. Seperti ucapan selamat dihalaman instagram miliknya @sandiuno. Salah satu komentar dari akun @fahmygunawan “Selamat pak sandi jadi menteri pariwisata, titip pulau komodo ya Pak jangan dilanjutin pembangunannya kalau akhirnya merusak ekosistemekosistemnya”. Hal senada juga ditulis oleh akun @viebgr ” Yeay selamat pak jadi menteri pariwisata”.

Sandiaga adalah pria kelahiran Pekanbaru, Riau pada 28 Juni 1969. Ia sudah malang melintang di dunia bisnis Tanah Air sejak puluhan tahun lalu. memulai bisnis baru di bidang keuangan dengan melalui PT Saratoga Advisor. Majalah Forbes bahkan pernah mencatat Sandi di posisi ke-29 sebagai orang terkaya di Indonesia pada 2009.

(Angie)