PEKALONGAN, INDONESIAPARLEMEN.COM – Guna untuk memastikan keamanan jelang perayaan Natal, Kapolres Pekalongan AKBP Darno dengan didampingi Wakapolres Pekalongan Kompol Andis Arfan Tofani, setiap harinya melaksanakan kegiatan patroli pengecekan pengamanan gereja-gereja yang berada di wilayah hukum Polres Pekalongan.

Pengecekan tersebut dilakukan guna untuk memastikan persiapan pengamanan dan kondisi keamanan jelang perayaan Natal sehingga nantinya bisa berjalan dengan baik dan sesuai dengan standar operting prosedur (SOP) dan Protokol Kesehatan yang telah ditetapkan.

“Saat ini kita fokus penanganan virus Covid-19, sehingga kami juga harus bisa memastikan bahwa pada pelaksanaan Ibadah nanti tetap mematuhi protokol kesehatan sehingga tidak memunculkan klaster baru.” ujar Darno, Kamis (24/12/2020)

Darno juga meminta kepada Pengurus Gereja untuk menyediakan tempat cuci tangan, kursi agar di jaga jaraknya, dan sebelum memasuki Gereja agar di Cek Suhu masing masing Jemaat, nantinya Anggota kami juga akan siap membantu demi mematuhi Protokol Kesehatan di samping melaksanakan tugas jaga, ujarnya.

Selain anggota Polri, lebih lanjut Kapolres mengatakan bahwa keterlibatan anggota TNI, Pemda dan semua elemen masyarakat juga dilibatkan dalam melaksankan pengamanan natal dan tahun baru.

Untuk itu, Ia telah memerintahkan kepada seluruh personil pengamanan di tempat ibadah agar berkoordinasi dengan pihak pengurus gereja dan tokoh agama terutama pendeta berkaitan posisi dan tempat anggota Polri saat melakukan pengamanan.

Ia berharap selama Operasi Lilin Candi 2020 dalam rangka pengamanan Natal dan tahun baru berlangsung kondusif seperti sekarang ini.

(Miftah)