JAKARTA, INDONESIAPARLEMEN.COM – Dalam rangka menyambut hari libur Natal 2020 dan Tahun baru 2021 (Nataru), Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta agar pihak Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta (Bandara Soetta) menerapkan protokol kesehatan secara ketat kepada para penumpang maskapai penerbangan.

Hal ini disampaikan saat Menhub meninjau langsung kesiapan Terminal 2 dan 3 Bandara Soetta dalam menangani lonjakan penumpang. “Saya tekankan bahwa pada saat libur ini protokol kesehatan harus lebih ketat,” kata Menhub dikutip dari laman Sekretariat Kabinet.

Dalam lawatannya, Menhub juga meninjau tempat yang digunakan untuk rapid test antigen/PCR yang disediakan di masing-masing terminal. Menhub meminta Angkasa Pura II berkoordinasi dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) guna melakukan perbaikan dan penataan untuk mengantisipasi terjadinya antrean panjang saat pelaksanaan tes cepat (rapid test) Covid-19 dan pengecekan surat hasil pemeriksaan kesehatan di bandara.

Menhub menyampaikan masukan dari para ahli agar dibuat bilik yang digunakan untuk pemeriksaan kesehatan yang dinilai lebih aman. Lebih lanjut, ia pun meminta agar seluruh pihak terkait di Bandara Soetta bersiap mengantisipasi lonjakan penumpang. Terutama yang diprediksi terjadi pada 31 Desember 2020 dan pada arus balik di awal Januari 2021.

“Untuk mengantisipasi puncak perjalanan. Saya pikir seluruh stakeholders sudah siap untuk meningkatkan kapasitas karena titik-titik pemeriksaan dari protokol kesehatan itu sudah ditata sedemikian rupa. Jadi saya pikir itu bisa dilaksanakan dengan baik,” pungkasnya.

(Angie)