SURABAYA, INDONESIAPARLEMEN.COM – Setelah Presiden Joko Widodo menyatakan siap menjadi orang pertama yang disuntik vaksin Covid-19, kini Khofifah Indar Parawansa mengutarakan hal senada untuk menjadi orang pertama yang disuntik vaksin Covid-19 di wilayah Jawa Timur. Sebagai Gubernur Jawa Timur, Khofifah merasa ia memiliki tanggung jawab penuh atas tindakan yang akan dilakukan kepada masyarakat Jawa Timur.

“Kalau di tingkat nasional adalah Presiden maka di tingkat provinsi gubernur saya siap menjadi orang pertama divaksin di Jatim,” ucapnya saat menghadiri acara dialog di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Sabtu (26/12/2020).

Khofifah menjelaskan jika Jatim mendapat sebanyak 317.000 jatah yang akan menjadi bagian komitmen bersama guna menekan penyebaran Covid-19. “Di Jatim, kami sudah sangat siap. Kami selesai menyiapkan vaksinator tujuh angkatan,” Terang politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa tersebut.

Jatim sendiri sudah menyiapkan sebanyak 2.404 vaksinator di setiap kabupaten dan kota. Serta memiliki 1.860 unit kotak pendingin/cold storage yang biasa digunakan untuk tempat vaksin. Ini bertujuan untuk menjaga suhu vaksin tersebut, dimana antara -2C sampai -8C.

“Saya minta Dinas Kesehatan mengecek lagi. Ini jangan-jangan ada cold storage yang mungkin berkarat, listriknya tidak normal dan gensetnya tidak terdukung. Saya ingin semua dilakukan verifikasi,” Pintanya.

Yang terpenting, lanjut Khofifah kondisi alat pembawa vaksin ini harus dipastikan berfungsi dengan baik “Lihat kondisinya masih standar atau ada yang harus diperbarui. Karena ini akan sangat banyak terkait pada keamanan vaksin dan sampai pada standar yang harus terjaga,” Harapnya.

(Angie)