Nasional

Menkes Bilang Varian Baru Virus Corona Lebih Cepat Menular

JAKARTA, INDONESIAPARLEMEN.COM – Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin membeberkan tentang adanya varian baru Virus corona yang telah menginfeksi sejumlah warga di belasan negara dunia. Strain baru atau varian baru virus corona tersebut pertama kali ditemukan di London, Inggris dan disebut lebih cepat menular dari sebelumnya.

“Kita masih membahas dengan ahlinya dan biarkan para ahlinya memahami hal ini. Kita jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan sendiri,” ucapnya di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (29/12/2020).

Baca Juga :  Bejat! Ayah Tega Rudakpaksa Anak Kandungnya Sendiri

Menkes Budi Gunadi Sadikin menjelaskan, jenis baru virus corona tersebut telah terbukti lebih mudah menular daripada sebelumnya.“Strain ini ada dan memang lebih cepat menular. Kemudian nomor dua, strain ini ada tapi tidak terbukti bahwa dia (menyebabkan gejala yang) lebih parah,” tuturnya.

Mengenai apa jenis baru virus ini sudah ada di Indonesia, Budi Gunadi Sadikin mengaku, sejauh ini Kemenkes belum dapat memastikan. “Sampai sekarang kita belum tahu, karena untuk bisa mendeteksi ini kita harus melakukan whole genome sequencing,” akunya.

Baca Juga :  Kemenaker dan BPJS TK Satukan Data Penerima Program JKP Untuk Korban PHK

Budi pun berharap sudah saatnya seluruh elemen masyarakat bersatu melawan COVID-19. Saling bersinergi, bahu-membahu, saling mengingatkan serta berkomitmen penuh untuk melakukan upaya pencegahan dengan selalu memakai masker, menjaga kebersihan diri serta menjaga jarak saat melakukan kontak sosial langsung dengan orang lain.

“Tetap memakai masker itu yang paling utama, rajin mencuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak,” pungkasnya.

(Faisal Ali)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button